Cara Jualan Produk Non Fisik di Shopee

shopee

Ingin tahu cara jualan barang non fisik di shopee? Berikut panduan lengkapnya. Barang non fisik disebut juga dengan sebutan produk digital. Sederhananya, produk digital adalah produk yang hanya ada dalam bentuk digital.

Menurut productfolio, beberapa orang mungkin mengartikan produk digital sebagai produk yang tidak memiliki bentuk fisik yang Anda jual secara online.

Produk adalah nilai. Oleh sebab itu, produk digital adalah sesuatu yang ada dalam bentuk digital dan memiliki nilai. Sama seperti produk pada umumnya, produk digital juga bisa dalam bentuk layanan atau jasa.

Tak hanya dalam bentuk software, masih ada beberapa contoh produk non fisik lain yang bisa Anda jual, mulai dari foto, video, kelas online, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana cara jual barang non fisik tersebut?

Bagaimana Jualan Produk Non Fisik di Shopee?

1. Buat Akun Seller

Sebelum memulai usaha, tahap awal yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar atau membuat akun seller di shopee.

Anda bisa mendaftarkan akun Anda dengan mengikuti proses verifikasi seperti biasa. Mulai dari melengkapi data diri, nomor hp, hingga mengatur informasi lainnya.

2. Lengkapi Profil Toko Shopee Anda

shopee
Setelah membuat akun, cara jual barang non fisik selanjutnya adalah dengan melengkapi profil toko Anda.

Anda juga harus melengkapi beberapa informasi, seperti alamat toko, pilihan pengiriman, jam buka, foto profil, nama pengguna, dan lain-lain.

Baca juga: 16 Cara Meningkatkan Omzet Gerai Bisnis Anda

3. Menambahkan Produk

Selanjutnya, Anda bisa mulai menambahkan produk utama Anda ke etalase toko. Anda bisa menjual produk apapun selama tidak melanggar ketentuan dari shopee.

Pastikan Anda telah melengkapi informasi produk, mulai dari gambar, deskripsi, type, berat, hingga jasa pengiriman.

Nantinya, Anda akan melalui tahap verifikasi dan aktivasi produk agar Anda bisa mendapatkan layanan bebas biaya pengiriman. Dengan begitu, pembeli tidak akan dikenakan ongkir saat membeli produk non fisik.

4. Periksa Status Akun secara Berkala

Tahap terakhir menjual barang non fisik adalah menunggu proses verifikasi dari pohak shopee. Proses ini biasanya menghabiskan waktu selama 3-5 hari kerja. Pihak shopee akan menghubungi Anda melalui email jika sudah disetujui.

Akhir Kata

Meskipun begitu, sebenarnya masih ada upaya yang bisa dilakukan untuk menjual barang non fisik. Anda bisa melakukan penjualan sebagaimana biasanya dan tetao mengirimkan paket kepada konsumen.
Paket yang dikirim bisa hanya dalam bentuk kemasan produknya saja. Misal, Anda menjual akun game, maka Anda bisa mengirimkan kemasan atau poster game agar terlacak dalam sistem marketplace.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.