5 Tips Mendapatkan Leads untuk Bisnis Anda

Pada era modern saat ini, untuk memasarkan produk atau jasa Anda perlu untuk membangun digital marketing. Dengan membangun digital marketing dapat menambah leads agar Anda dapat mendapatkan closing untuk produk atau jasa Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Leads?

leads

Leads merupakan orang-orang yang memiliki potensi besar untuk menjadi pelanggan Anda. Pada umumnya mereka memberikan kontak agar Anda dapat menghubungi mereka. Dengan memiliki kontak itulah, Anda bisa memberitahu mereka seputar informasi mengenai promo maupun produk terbaru.

Leads tidak bisa didapatkan dengan sendirinya, Anda membutuhkan strategi untuk dapat menjaring leads yang berkualitas. Dapat dikatakan Anda perlu melakukan beberapa metode lead generation agar Anda mendapatkan leads tersebut. Beberapa metode tersebut antara lain blog, freebies, kupon, dan lain sebagainya.

Sebelum masuk ke topik cara mendapatkan leads, Anda perlu untuk memahami macam-macam leads. Karena, setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan mengetahui macam-macam leads diharapkan Anda bisa menjawab kebutuhan mereka dengan tepat. Dan dengan begitu, mereka akan tergerak untuk menjadi pelanggan setia Anda.
4 Macam Leads

  1. Marketing Qualified Lead
    Marketing Qualified Lead merupakan orang-orang yang sudah terpapar dan telah berinteraksi dengan materi promosi yang telah Anda buat. Sebagai contoh mereka telah mengisi kontak pada landing page atau mengunduh e-book gratis yang telah Anda siapkan. Meskipun sudah mengetahui produk atau layanan Anda, lead satu ini belum siap melakukan pembelian produk atau layanan. Akan tetapi, Marketing Qualified Lead justru menjadi lead paling potensial untuk diprospek menjadi konsumen.
  2. Service Qualified Lead
    Service Qualified Lead adalah orang-orang yang telah mencoba versi gratis atau fitur lite dari sebuah layanan. Ketika mencoba mereka mulai tertarik untuk membayar lebih agar mendapatkan keseluruhan fitur yang diinginkan.
  3. Sales Qualified Lead
    Sales Qualified Lead merupakan orang-orang yang tertarik membeli produk atau layanan, biasaya memang sudah siap membayar sejumlah uang yang mana Sales Qualified Lead pada umumnya dikenali karena pertanyaan mereka mengenai detail info dan spesifikasi produk.
  4. Product Qualified Lead
    Sama halnya dengan Service Qualified Lead, Product Qualified Lead merupakan orang-orang yang telah mencoba program “coba gratis” atau versi dasar dari sebuah produk. Sehingga kemudian mereka tertarik untuk berlangganan produk atau melakukan upgrade ke versi full version.

Mengapa Leads diperlukan?

Leads merupakan kunci dalam digital marketing. Kenapa? Hal itu karena Anda akan mendapat beberapa keuntungan dengan menerapkan Leads tersebut.

  • Leads Dipakai untuk membuat Anda lebih mudah menghubungi calon pelanggan yang potensial terhadap bisnis Anda
  • Anda akan semakin dimudahkan dalam mempraktikan strategi inbound marketing
  • Dengan leads, memungkinkan Anda mengirim konten yang berguna untuk calon pelanggan Anda
  • Pada umumnya leads memungkinkan Anda untuk melakukan promosi dan konversi ke segmen pelanggan paling potensial.

Itulah beberapa keuntungan pentingnya leads pada bisnis Anda. Sebetulnya lead generation merupakan bagian dari marketing funnel. Hal ini merupakan bagian yang perlu Anda optimalkan setelah mengenalkan produk atau layanan lewat sosial media, blog, video, ataupun website.

Leads tidak sekedar digunakan untuk menjalin kontak dengan pelanggan, leads juga berguna untuk meyakinkan pelanggan agar menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu calon pelanggan dapat mengetahui bagaimana produk yang Anda tawarkan menjadi solusi dari masalah mereka. Dengan berbagai konten yang telah Anda buat, Anda bisa menunjukan kelebihan Anda dibandingkan dengan competitor Anda saat ini. Dan dari sinilah calon pelanggan merasa lebih mantap dalam membeli produk atau layanan bisnis yang Anda jalankan saat ini.

5 Cara Ampuh untuk Mendapatkan Leads

  1. Buat Landing Page
    Landing page merupakan halaman khusus berisi form untuk mengumpulkan leads yang biasanya memuat informasi lengkap seputar produk atau layanan yang bisnis berikan.
    Dengan membuat landing page, Anda bisa mendapatkan leads dengan berbekal website dan halaman khusus, sehingga mendapatkan leads akan tampak lebih mudah. Selain itu, Anda juga bisa untuk terus mendapatkan leads. Hal itu karena landing page akan terus ada di website, tanpa ada Batasan waktu yang ditentukan. Anda bisa mengarahkan orang untuk mengunjungi website dan landing page yang telah Anda buat.
    Strategi ini merupakan strategi yang fleksibel karena dapat dikombinasikan dengan metode mendapatkan leads lainnya seperti, Anda bisa membuat landing page untuk membagikan ebook ataupun acara webinar yang akan Anda selenggarakan.
  2. Membagikan E-Book
    Anda bisa membuat E-Book untuk dapat dibagikan secara gratis, hal ini juga bisa mendatangkan leads. Strategi ini merupakan strategi yang sering digunakan oleh bisnis B2B.
    Strategi ini bisa diterapkan ke bisnis B2B karena transaksi bisnis B2B biasanya tak terjadi pada sekali pertemuan saja. Ini karena transaksi di bisnis B2B pada umumnya sangatlah besar sehingga perlu waktu yang cukup lama sampai pembeli benar-benar yakin untuk menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.
  3. Memanfaatkan Media Sosial
    Usaha mendapatkan leads juga bisa Anda lakukan melalui media sosial bisnis Anda. Anda bisa membuat konten pengumuman di media sosial yang dapat memberi tahukan jika Anda membagikan konten ekskusif secara gratis. Sehingga calon pelanggan dapat memberitahukan alamat email yang mereka punya. Strategi ini cukup efektif untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak leads. Apalagi jika Anda memberikan syarat tambahan untuk membagikan pengumuman tersebut kepada teman dari calon pelanggan.
  4. Kupon Diskon
    Anda bisa membuat penawaran diskon, karena pada dasarnya diskon merupakan sesuatu yang sulit untuk ditolak, hal ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan alamat email atau kontak dari calon pelanggan Anda.
  5. Cari Leads di Hunter.io
    Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan leads apalagi jika bisnis Anda merupakan bisnis B2B. Jika Anda ingin menawarkan secara khusus Kerja sama, produk, atau layanan ke perusahaan, Anda bisa mengetahuinya melalui Hunter.io, Anda bisa memasukan website calon pelanggan Anda tersebut, lalu Anda mendapatkan email admin pemilik website tersebut. Tapi perlu Anda ingat jika Anda perlu membuat akun terlebih dahulu untuk melihat email secara utuh.

Baca juga : 5 Tips Strategi Digital Marketing untuk B2B

Akhir Kata

Itulah beberbagai macam cara untuk mendapatkan leads. Anda bisa mencoba mana cara yang paling efektif untuk bisnis Anda. Pada dasarnya, tiap bisnis memiliki cara mendapatkan leads yang berbeda-beda. Tapi jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat halaman khusus website atau bahkan belum memiliki website, kami bisa membantu Anda dalam digital marketing. Hubungi sekarang DISINI.