5 Tips Strategi Digital Marketing untuk B2B

b2c


Apa itu B2B?

Pernahkah Anda mendengar B2B? B2B merupakan singkatan dari business to business, yaitu bentuk bisnis yang target pelanggannya adalah bisnis lainnya. Bisa dikatakan suatu perusahaan menjual produk atau jasa ke perusahaan lainnya.

Strategi Marketing yang Tepat untuk B2B

b2b
Pada era modern saat ini, digital marketing merupakan hal penting dalam dunia bisnis. Pelanggan atau klien lebih senang melakukan pencarian melalui mesin pencari untuk menemukan solusi atas masalah yang mereka hadapi. Inilah saatnya untuk Anda menyusun strategi digital marketing dengan tepat untuk menjalankan B2B.

  1. Riset Target
    Untuk Anda yang bentuk bisnisnya merupakan B2B, Anda memiliki kelebihan dalam melakukan pemasaran B2B, hal itu adalah target pasar yang lebih mudah dibandingkan pemasaran B2C. Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui siapa target pasar Anda, apa yang mereka butuhkan, bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka, apa yang mereka minati, dan berapa besar uang yang bisa mereka keluarkan, dll.

    Ketika sudah melakukan riset, Anda sebagai pemilik bisnis bisa membuat keputusan untuk menjalin hubungan baik dengan target pelanggan Anda. Anda juga dapat mempersempit target pasar jika ingin menghemat waktu dan biaya dalam proses pemasaran B2B.
  2. Optimasi Website
    Mengoptimasi website merupakan langkah awal agar bisnis Anda dapat ditemukan oleh audiens Anda di internet. Perlu Anda ketahui website merupakan katalog online yang dapat mempengaruhi pelanggan dalam melakukan transaksi. Untuk itu, Anda perlu membuat website yang efektif dan efisien, tentu Anda tetap menjaga dari segi kenyamanan pelanggan dalam mengunjungi website Anda.
  3. SEO (Search Engine Optimization)
    SEO merupakan teknik marketing yang bisa Anda terapkan dalam B2B. SEO dapat membantu Anda untuk menempatkan website Anda untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Menjalankan SEO membutuhkan waktu dan kesabaran, itu dikarenakan hasil tidak bisa dirasakan saat itu juga. Bahkan untuk bisa berada di halaman pertama, Anda memerlukan waktu hingga beberapa bulan.

    Anda perlu untuk melakukan SEO karena ini merupakan investasi jangka Panjang. Pada saat website Anda dapat ditemukan dengan mudah melalui mesin pencari, maka potensi Anda mendapat klien akan semakin besar.
  4. Email Marketing
    Email marketing bukanlah sesuatu yang baru, Anda masih bisa menggunakan cara ini karena masih memberikan potensi keberhasilan yang cukup tinggi. Anda dapat berkomunikasi langsung dengan mereka yang secara sukarela mendaftarkan emailnya di website Anda. Memang hal ini sejalan dengan tingkat website Anda dalam mesin pencari, tapi jika Anda memanfaatkannya Anda bisa mendapatkan klien baru, karena pada dasarnya email yang didaftarkan merupakan mereka yang tertarik pada bisnis Anda.
  5. Konten Marketing
    Konten marketing adalah kunci agar target pasar Anda dapat memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda bisa membuat media sosial, blog pendukung, dan bahkan Anda bisa menggunakan jasa digital marketing untuk membantu bisnis Anda.

Baca juga : 7 Alasan Bisnis Anda Membutuhkan Digital Marketing

Akhir Kata

Bagi Anda yang bentuk bisnisnya berupa B2B, Anda bisa mencoba dan menerapkan strategi pemasaran B2B agar mendapat lebih banyak closing. Itulah beberapa strategi digital marketing untuk B2B. Untuk Anda yang ingin bekerja sama dengan kami untuk membantu Anda memasarkan B2B Anda, Hubungi kami sekarang! Kami siap membantu Anda. DISINI