Wajib Tahu Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Di era digital saat ini, customer atau pelanggan bisa membagikan pengalaman mereka ketika menggunakan suatu brand. Tentu yang mereka bagikan juga berasal dari pengalaman mereka ketika menerima pelayanan terbaik dari Anda.

pelanggan
Karena itulah strategi mendapatakan pelanggan yang loyal perlu Anda perhatikan. Pengusaha saat ini menggunakan strategi membangun pengalaman pelanggan yang berguna untuk mendapat pelanggan yang semakin loyal.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Beberapa Hal Penting Untuk Membangun Pengalaman Pelanggan

Untuk Menciptakan pelanggan yang loyal terhadap bisnis, tentu Anda perlu melakukan beberapa hal penting, yuk simak artikel di bawah ini.

  1. Pengalaman Seperti Apa yang Ingin Anda Berikan?
    Berbicara mengenai pengalaman, tentu setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang berpengaruh terhadap apa yang ingin Anda berikan kepada target market Anda.

    Sebagai contoh, jika Anda sedang mempromosikan monitor gaming, pemasaran yang Anda lakukan tentu menonjolkan tampilan RGB, refresh rate tinggi, ataupun kualitas layar terbaik yang saat ini disenangi oleh banyak gamer. Hal ini berbeda jika Anda menawarkan monitor yang bersifat biasa saja dan semua orang bisa memilikinya, Anda bisa menawarkan harga bersahabat, dan dengan desain yang biasa saja.
  2. Pelayanan yang Responsif
    Saat ini mobilitas masyarakat semakin cepat, sehingga ini menyebabkan pelayanan yang responsif juga bisa menjadi nilai tambah. Untuk mendapatkan pengalaman yang terbaik, Anda bisa memberikan pelayanan secepat mungkin kepada semua pelanggan Anda.

    Pelayanan terbaik ini bisa secara langsung ataupun tidak, Anda harus berlaku adil. Jangan pernah menunda hanya karena konsumen membeli secara online dan tidak melakukan tatap muka dengan Anda.
  3. Berinteraksi dengan Pelanggan
    Pengalaman pelanggan juga bisa dibangun ketika Anda berinteraksi dengan mereka. Dengan melakukan komunikasi secara langsung kepada pelanggan, dan dari interaksi tersebut Anda bisa membangun tiga hal yaitu Experience Response Point (ERP), Experience Voting Point (EVP), dan Experience Touch Point (ETP).
  4. Memberi Hadiah
    Mari kita setujui bersama jika pelanggan merupakan orang yang penting bagi suatu usaha. Hal ini karena jika tanpa pelanggan, penjualan produk Anda tentu tidak akan berhasil hingga bisa mencapai aliran kas yang stabil.

    Jadi tidak ada salahnya untuk Anda memberikan hadiah kepada pelanggan sebagai tanda terima kasih. Anda bisa memberikan hadiah tersebut secara langsung melalui ucapan atau memberikan hadiah pada event-event tertentu. Dengan begitu, secara tidak langsung akan tercipta pengalaman pelanggan yang baik demi kemajuan usaha Anda.

Akhir Kata

Dengan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, Anda sudah menjalankan upaya untuk mengenalkan bisnis Anda kepada target market Anda. Diharapkan dengan melakukan service terbaik kepada pelanggan, mereka akan dengan sendirinya akan memasarkan produk ataupun bisnis Anda kepada relasi mereka.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dan pelanggan lama akan semakin loyal kepada bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, info mengenai pemasaran modern silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.