Yuk Kenalan dengan Pemasaran Konten dan Manfaatnya Bagi UMKM!

Berbisnis

Menjalankan bisnis dari nol merupakan hal yang cukup sulit. Anda perlu bekerja keras untuk bisa memperkenalkan produk Anda pada masyarakat.

Menjalankan pemasaran dengan efektif merupakan tujuan dari setiap pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya dan mendapatkan pelanggan yang setia pada produk mereka bukan?

Strategi Pemasaran yang Efektif

pemasaran konten
Tanpa strategi pemasaran yang efektif, peluang yang ada cukup kecil bagi Anda yang ingin mendapatkan pelanggan secara tepat dan menciptakan bisnis jangka panjang.

Maka dari itu, menyelenggarakan kampanye pemasaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Salah satu metode dari strategi pemasaran yang efektif ini disebut sebagai pemasaran konten. Yuk simak lebih dalam seperti apa pemasaran konten ini.

Tidak seperti perusahaan besar, pebisnis kecil akan sulit untuk merealisasikan kampanye pemasaran yang terlihat dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk mengakali hal ini, Anda sebagai pebisnis kecil perlu membuat perencanaan dan strategi yang tepat.

Salah satunya adalah pemasaran konten, yang mana strategi pemasaran ini lebih hemat biaya, dan juga merupakan investasi untuk bisnis jangka panjang.

Apa Itu Pemasaran Konten?

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana pemasaran konten bisa membantu mempromosikan bisnis Anda, ada baiknya untuk Anda mengetahui seperti apa pemasaran konten itu sendiri.

Pemasaran konten merupakan proses pemasaran dari kegiatan bisnis untuk membuat dan juga menyalurkan konten yang menarik untuk bisa melibatkan target konsumen Anda. Tentunya konten yang dibuat juga harus relevan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Menjalankan pemasaran konten untuk bisnis kecil ataupun UMKM tidak terlalu sulit, apalagi jika Anda memiliki strategi yang tepat dalam mewujudkan visi dari bisnis Anda.

Fungsi Pemasaran Konten bagi UMKM ataupun Bisnis Kecil

Ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika menjalankan strategi pemasaran konten, berikut list manfaat yang Anda dapatkan:

  • Membangun identitas brand yang terkait dengan pelanggan Anda.
  • Mendapatkan keunggulan terhadap kompetitor yang tidak menggunakan strategi pemasaran konten.
  • Membangun hubungan jangka panjang dan membangun kepercayaan dengan pelanggan dan mitra bisnis Anda.
  • Menghasilkan lebih banyak lalu lintas pada website dan media sosial yang telah digunakan oleh bisnis Anda.
  • Meningkatkan konversi pengunjung website atau media sosial, sehingga penjualan meningkat.

Namun, menjalankan strategi pemasaran konten tidaklah mudah. Mungkin beberapa dari Anda akan terasa asing atau sulit untuk dilakukan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus tahu atau mengetahui strategi yang bisa mendorong bisnis kecil Anda tanpa risiko yang besar.

Bagaimana Cara Membangun Strategi Pemasaran Konten?

Memang sedikit sulit jika Anda tidak tahu bagaimana cara memulainya. Namun hal ini menjadi semakin mudah jika Anda mengetahui langkah-langkah yang efektif untuk memulainya.
Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan untuk membangun strategi pemasaran konten secara efisien dan juga efektif.

  1. Apa Tujuan Pemasaran Konten Anda?
    Pemasaran konten akan menjadi rumit jika Anda tidak tahu bagaimana Anda ingin merealisasikan hal tersebut dengan jelas. Anda perlu membuat konsep sepenuhnya untuk membantu bisnis Anda dalam jangka panjang.
  2. Siapa Target Pelanggan Anda?
    Poin kedua merupakan pondasi awal yang perlu Anda tetapkan. Mengenali target pelanggan atau konsumen merupakan hal penting untuk mendapat kesuksesan dari pemasaran konten untuk bisnis kecil ataupun UMKM.
  3. Konten Seperti Apa yang Ingin Anda Bawakan?
    Konten yang Anda buat harus membantu bisnis Anda untuk tumbuh. Sehingga Anda perlu memerhatikan konten seperti apa yang ingin Anda bawakan guna mewujudkan setiap tujuan bisnis Anda.

Bangun kesadaran merek kepada pelanggan adalah langkah pertama yang penting untuk jalankan. Jika konsumen tidak mengetahui tentang produk Anda, maka akan sulit untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Untuk menciptakan kesadaran merek yang kuat, Anda harus bisa menghasilkan konten yang informatif dan menarik. Karena itu merupakan trik jitu untuk menarik calon pelanggan yang sedang mencari produk yang ditawarkan oleh Anda dan tentunya sesuai dengan kebutuhan konsumen Anda.

Baca juga: Pelajari Branding untuk Bisnis yang Bisa Naik Kelas

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menjalankan Pemasaran Konten

Menjalankan strategi pemasaran konten memang tidaklah mudah, Anda harus membuat konten yang menghasilkan emosi dan tindakan untuk audiens Anda mau melihat dan membacanya.
Agar tidak melakukan kesalahan yang sama dengan yang lain, maka Anda wajib membaca 5 kesalahan yang wajib Anda perhatikan dibawah ini.

  1. Penulisan Tidak Spesifik
    Konten yang baik merupakan konten yang bervariasi. Namun dalam strategi pemasaran konten, konten yang bervariasi merupakan langkah yang kurang tepat.

    Anda perlu memposting konten yang spesifik dan relevan untuk memberikan audiens Anda memahami bisnis apa yang Anda jalankan. Dengan begitu Anda sudah membentuk ciri khas dari bisnis Anda.
  1. Tidak Memikirkan Audience
    Tujuan utama dari pemasaran konten adalah untuk menarik perhatian audiens Anda, sehingga mereka mau untuk membeli produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

    Oleh karena itu, penting rasanya untuk Anda membuat konten yang mengacu pada pemikiran dari audiens Anda. Perlu Anda ingat untuk membuat konten tidak untuk Anda sendiri, melainkan untuk audiens bisnis Anda.
  1. Tidak Menerapkan SEO
    Search Engine Optimization atau bisa disebut dengan pengoptimalan mesin pencari agar konten yang Anda terbitkan dapat dengan mudah muncul pada halaman pertama dengan kata kunci yang ditargetkan.

    Untuk menerapkan SEO ini, sebaiknya Anda perlu melakukan riset terhadap kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat konten, sehingga konten yang Anda posting merupakan konten yang ingin dicari oleh audiens Anda.
  1. Tidak Menggunakan Gambar yang Relevan
    Gambar merupakan ilustrasi yang bisa Anda masukan pada konten Anda. Sehingga Anda juga harus memerhatikan gambar yang akan Anda posting.

    Gambar yang tidak relevan dengan topik yang Anda bawa, berdampak pada konsumen yang akan malas membacanya. Sehingga dengan gambar yang menarik dan relevan, besar kemungkinan akan menyebarkan konten Anda di media sosial mereka.
  1. Terlalu Banyak Memposting Tentang Promosi
    Membuat konten promosi saja merupakan langkah yang kurang tepat. Saat ini masyarakat lebih senang mencari sesuatu yang bermanfaat, menarik, dan menghibur.

    Sehingga, Anda jangan selalu berfokus untuk membuat konten promosi saja dalam media sosial Anda. Apalagi konten promosi yang Anda lakukan merupakan hard selling, yang mana Anda secara terang-terangan membahas jual-beli dari produk Anda.

    Boleh memposting konten promosi, tapi Anda perlu mengimbangi dengan konten informatif yang masih berhubungan dengan bisnis Anda.

Kesimpulan

Selain melakukan pemasaran konten, Anda juga perlu melakukan branding pada bisnis Anda. Hal ini berguna untuk membedakan antara bisnis Anda dan kompetitor. Jika Anda membutuhkan jasa mengisi konten pada website ataupun media sosial Anda, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201, untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.