Tips Menjalankan Strategi Word of Mouth yang Efektif

produk

Word of Mouth

word of mouth
Dalam buku yang ditulis oleh George Silverman, dengan judul The Secret of WOM Marketing, menyatakan komunikasi WOM bisa berupa percakapan atau testimonial seperti berbicara langsung atau bahkan melalui sarana komunikasi lainnya.

Sekarang di era digital, strategi Word of Mouth bisa Anda jalankan melalui email, website, bahkan media sosial. Sebagai contoh, A membeli produk dari suatu market place, jika A puas dengan produk dan layanan, A akan memberikan review dan testimoni melalui market place tersebut. Hal ini secara tidak langsung, A sudah melakukan strategi word of mouth.

4 Strategi Word of Mouth yang Efektif

Strategi word of mouth bisa menjadi sangat efektif dan terlihat simpel. Selain tidak membutuhkan biaya yang besar, Anda bisa gunakan strategi ini di Indonesia. Karena kebanyakan orang Indonesia senang bersosialisasi, sehingga dari kebiasaan tersebut, bisa disimpulkan strategi pemasaran ini bisa meningkatkan brand awareness juga.

Lalu bagaimana strategi word of mouth bisa lebih efektif? Tenang, telah kami rangkum beberapa tips agar Anda bisa mendapat nilai positif dari mereka. Yuk simak sampai selesai.

  1. Berikan Layanan yang Baik untuk Konsumen Anda
    Dengan memberikan layanan terbaik kepada konsumen, Anda tidak perlu memusingkan atau khawatir ditinggal oleh pelanggan. Karena dengan Anda memberikan layanan terbaik, pelanggan tentu akan nyaman dengan apa yang Anda berikan, sehingga membuat mereka akan loyal kepada brand Anda.
  2. Gunakan Platform Media Sosial
    Menggunakan media sosial untuk bisnis Anda, bisa membantu mereka pelanggan Anda ataupun konsumen baru yang ingin menanyakan sesuatu tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal ini juga bisa membantu konsumen melakukan complain terhadap produk yang Anda jual.

    Jadi Anda perlu untuk memperhatikan untuk mempunyai media sosial untuk mendapatkan nilai tambah pada bisnis Anda. Pelanggan juga bisa menceritakan kepuasan mereka terhadap bisnis Anda dengan menyematkan akun media sosial Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan testimoni dari mereka.
  1. Dapatkan Testimoni
    Selain testimoni pada poin sebelumnya, Anda juga bisa meminta pelanggan yang puas untuk memberikan testimoni tertulis, atau membuat video singkat mengenai kepuasan mereka terhadap produk atau jasa yang Anda jual. Anda bisa memberikan hadiah bagi mereka yang telah memberikan testimoni, bisa berupa diskon pembelian berikutnya.
  2. Libatkan Pelanggan di Media Sosial
    Dengan media sosial, Anda bisa mempromosikan produk Anda lebih luas lagi. Tapi tidak sebatas itu saja, Anda juga bisa mengetahui keinginan pelanggan Anda. Dengan menggunakan media sosial, cobalah untuk melibatkan pelanggan, seperti posting ulang foto mereka yang menggunakan produk Anda.

    Tidak lupa untuk mention atau tag mereka dan berikan ucapan terima kasih telah menggunakan produk Anda dan percaya dengan produk Anda. Hal ini bisa membuat mereka senang dan akan lebih senang menggunakan produk yang telah Anda jual tersebut, dan akan melakukan pembelian ulang.

Baca juga: Tips Meningkatkan Konversi Pada Bisnis Anda

Akhir Kata

Menjalankan strategi word of mouth memanglah terlihat mudah, tapi Anda perlu untuk memperhatikan pelanggan Anda, apa yang mereka inginkan, apa yang mereka butuhkan. Dan bersikaplah profesional untuk menjawab semua komentar negatif yang mungkin Anda dapatkan ketika melakukan strategi ini. Info pemasaran modern, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.