Strategi Pemasaran: Cara Menarget Market Anak Muda

apotek

Perkembangan Pemasaran

pemasaran
Berbicara mengenai pemasaran, tentu strategi yang digunakan akan berkembang sesuai dengan zaman. Setiap generasi yang dilalui juga membutuhkan strategi yang tepat untuk menghasilkan potensi yang besar. Semakin tahun, generasi anak muda semakin berkembang dan saat ini sudah banyak dari mereka memiliki pendapatan diusia mudanya.

Itulah mengapa saat ini banyak brand bisnis tengah menargetkan anak muda sebagai target market mereka. Tidak ada usaha yang tidak memiliki tantangan, salah satunya yang dihadapi oleh marketer ketika ingin memasukan anak muda sebagai target pasar. Hal ini tentu sulit karena kita perlu untuk mengikuti kehidupan mereka yang ingin serba cepat.

Tips Strategi Pemasaran Menarget Market Anak Muda

Tren ini berjalan cukup cepat, sehingga Anda perlu untuk siap atas semua perubahan dan inovasi untuk bisa mengimbangi mereka. Dari tantangan tersebut, jika Anda bisa berhasil untuk melakukannya, kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dengan jangka waktu yang Panjang.

Baca juga: 4 Strategi Membuka Bisnis Coffee Shop atau Cafe yang Efektif

Perbedaan generasi marketer tidak menjadi sebuah halangan untuk Anda sukses menarget anak muda. Tenang kami sudah merangkum beberapa tips agar Anda bisa dan mampu untuk mengikuti pola pikir mereka dan efektif dalam memikat anak muda sebagai target market Anda.

  1. Dengarkan Konsumen
    Tidak ada salahnya bukan mendengarkan kritik maupun saran yang diberikan oleh konsumen? Konsumen anak muda yang Anda target, tentu tahu apa yang mereka inginkan dan tidak segan untuk langsung memberitahukan apa yang mereka alami di media sosial mereka.

    Umumnya mereka akan mencari informasi mengenai produk apa yang mereka inginkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Hal inilah membuat Anda perlu untuk mendengarkan kritik maupun saran yang mereka berikan, agar Anda bisa mengembangkan produk agar bisa laku di pasaran.

    Memanfaatkan media digital merupakan salah satu Langkah agar Anda bisa mendengar atau bahkan bertanya langsung kepada konsumen, sehingga Anda tidak perlu sekedar mempertanyakan dalam angan-angan saja. Hal ini juga bisa membuat anak muda ingin membeli karena mereka tidak hanya suka dengan produknya tetapi juga merasa sudah menjadi bagian dari produk tersebut.
  1. Bradaptasi dengan Platform Baru
    Anda harus siap dengan perkembangan zaman. Beradaptasi merupakan dasar penting juga dalam berbisnis. Perhatikan dan pelajari perilaku target konsumen Anda di setiap platform yang mereka gunakan. Sesuaikan juga konten pemasaran yang digunakan agar lebih relevan dan menarik bagi mereka.
  2. Inbound Marketing
    Anda perlu untuk memfokuskan pemasaran Anda dengan inbound marketing, yang mana hal ini merupakan upaya Anda untuk menarik konsumen dengan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk mereka.

    Upaya ini jauh lebih baik dibandingkan memaksa mereka untuk melihat iklan denan materi yang tidak disukai oleh mereka. Dengan konten berkualitas, relevan, dan menarik, calon konsumen akan tertarik untuk melirik produk Anda.
  3. Lakukan Interaksi
    Saat ini perlu adanya interaksi dua arah, antara Anda dan konsumen. Anda perlu sesegera mungkin untuk membalas berbagai komentar yang mereka berikan, baik itu positif maupun negatif. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan untuk memulai berinteraksi atau hanya sekedar memberikan informasi yang bermanfaat kepada mereka.
  4. Lakukan Inovasi
    Selain beradaptasi, Anda juga perlu untuk berinovasi. Perkembangan teknologi yang semakin cepat, serta kebiasaan yang ingin serba instan membuat anak muda kini mudah bosan. Anda perlu untuk membuat inovasi mengenai produk baru atau bahkan update baru pada produk Anda secara rutin.
  5. Buat Sesuatu yang Limited Edition
    F.O.M.O atau Fear of missing out merupakan istilah “takut ketinggalan” yang saat ini mungkin sudah sering kita dengar. Merupakan hal yang bisa menjadikan brand Anda semakin dikenal. Dengan membuat produk dengan label “Limited Edition” bisa membantu Anda untuk menciptakan rasa takut ketinggalan kepada mereka target market Anda.

    Hal ini tidak sebatas barang mahal saja. Anda juga bisa menggunakan produk yang sama, tapi dengan kemasan yang berbeda, dan tentunya lebih unik. Karena hal itulah yang menjadi point jualnya, yang mana berbeda dengan produk konvensionalnya.
  6. Akses Online yang Mudah
    Siapa yang saat ini tidak memiliki smartphone? Ya mungkin beberapa anak muda tidak memilikinya, tapi mayoritas anak muda saat ini memiliki smartphone bukan? Hal ini memengaruhi seberapa lama waktu yang mereka habiskan untuk berinteraksi di dunia maya. Itulah mengapa generasi sekarang ini lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli barang dari online dibandingkan membeli langsung di toko fisik.

    Momen ini perlu Anda manfaatkan dengan membuat penjualan Anda atau bisnis Anda juga bisa diakses secara online. Bisa dari pemesanan, pembayaran, dan bahkan pengiriman sekalipun.

Akhir Kata

Itulah sedikit tips untuk Anda bisa menarget anak muda sebagai target pasar Anda. Memang perbedaan generasi dan pola pikir menjadi penghalang atau jurang yang luas, namun Anda bisa belajar dan mampu untuk mempersempit jurang tersebut. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan loyal pada brand atau bisnis Anda. Dan jika Anda membutuhkan layanan untuk memperdalam mengenai pemasaran modern, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.