Remarketing Vs Retargeting : Bedanya apa?

Perbedaan Remarketing dan Retargeting

remarketing
Remarketing dan retargeting mempunyai istilah yang hampir sama, tetapi keduanya tentu mempunyai sebuah perbedaan. Kira-kira apa perbedaan dari remarketing dan retargeting itu sendiri? Kini kita akan menjelaskan perbedaan dari kedua istilah tersebut untuk Anda.

Baca juga: Tips Mengelola Data untuk Pemasaran Bisnis yang Lebih Baik

Berikut adalah pengertian remarketing dan retargeting :

  1. Remarketing
    Remarketing adalah strategi marketing yang berfokus pada kampanye email dan meyakinkan kembali pelanggan yang sempat melakukan interaksi melalui inbox mereka. Interaksi hal ini bertuju kepada pelanggan yang sempat mengunjungi website Anda dan sudah menambahkan daftar item belanja ke keranjang, tetapi belum membayarnya. Cara ini cukup ampuh untuk menumbuhkan kembali minat pelanggan kepada produk atau jasa yang Anda tawarkan.

    Sebagai contoh, pelanggan Anda sudah mencari produk pakaian batik di website Anda. Akan tetapi, mereka hanya membeli dan tidak membeli produk tersebut. Nah, Anda bisa mengirimkan email yang berisikan produk-produk batik lainnya yang menarik kepada mereka agar pelanggan dapat melakukan pembelian.
  2. Retargeting
    Sedangkan retargeting atau penargetan ulang memiliki beberapa pendekatan, namun yang sering digunakan saat melakukan pemasaran lebih mengacu pada penempatan iklan online. Pendekatan retargeting yang paling sering digunakan adalah menargetkan audiens yang sudah berinteraksi sebelumnya di situs Anda.

    Setelah audiens mengunjungi website Anda dan meng-klik pada beberapa produk, cookie yang telah diatur pada browser akan memberikan informasi yang dapat Anda manfaatkan untuk retarget mereka. Dengan strategi retargeting ini, secara tidak langsung Anda bisa meningkatkan brand awareness kepada calon pelanggan. Hal ini juga berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Fokus Pekerjaan

Perbedaan dari keduanya yaitu, remarketing berfokus melalui email marketing untuk menarik kembali pelanggan yang sempat berinteraksi. Sedangkan retargeting lebih berfokus pada pelanggan melalui iklan yang dipasang di berbagai platform seperti website, media sosial, dan lain-lain. Secara tidak langsung, selain menarik kembali minat pelanggan.

Menggunakan iklan online berfungsi untuk memperkenalkan produk Anda kepada pelanggan yang belum pernah mengetahuinya. Perbedaan antara remarketing dan retargeting hanya terletak pada fokus untuk menarik kembali perhatian pelanggan.

Baca juga: Whatsapp Marketing: 5+ Tips Marketing di Whatsapp

Akhir Kata

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan remarketing dan retargeting yang bisa Anda coba pada bisnis Anda. Kalau Anda ingin menambah pemahaman mengenai digital marketing, Droyan punya solusinya untuk Anda, semoga membantu. Jika Anda membutuhkan jasa mengisi konten ataupun melakukan pemasaran modern lainnya, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.