PENTINGNYA PERSONALISASI DALAM DIGITAL MARKETING

Memberi pengalaman personal kepada pelanggan adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh para profesional pemasaran saat ini, dimana setiap pelanggan merasa bahwa merek tersebut mengenal mereka dan dapat mencukupi setiap kebutuhan mereka. Bila sebuah bisnis bisa menangkap peluang itu, maka penjualan dan kesetiaan pelanggan secara otomatis akan mengikuti.
Pelanggan memang menginginkan pengalaman merek yang dipersonalisasi, tetapi cara mereka berbelanja lebih beragam daripada zaman dulu. Pelanggan sekarang memulai dan menghentikan perjalanan belanja mereka di saluran yang berbeda, termasuk pasar online dan media sosial, dan sering berbelanja untuk produk yang sama di berbagai pengecer, baik online maupun di toko.
Personalisasi merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif dan efisien, membuat interaksi lebih cepat dan mudah, hingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini dapat tejadi saat sebuah sistem menyesuaikan pengalaman berdasarkan perilaku konsumen sebelumnya. Oleh sebab itu, perlu strategi personalisasi yang tepat agar konsumen casual berubah menjadi loyal customer. Berikut ini informasi seputar personalisasi dalam dunia digital marketing:

Jadikan Fokus Utama
Banyak perusahaan yang menganggap ini sebagai sesuai yang tidak terlalu penting. Padahal personalisasi sangat dibutuhkan agar kita lebih memahami kemauan pelanggan. Personalisasi bertujuan untuk memelihara hubungan yang telah terjalin. Berikan perhatian kepada pelanggan dengan mengucapkan ulang tahun, memberikan bonus loyalty, dan yang lainnya. Itu akan membuat mereka merasa dihargai, sehingga enggan untuk berpindah ke merek lain.

Personalisasi Bukan Segmentasi
Personalisasi memiliki makna yang berbeda dengan segmentasi. Mungkin keduanya terdengar mirip, tetapi inti dari personalisasi adalah membuat hubungan lebih personal. Pada segmentasi, kita menyaring konsumen berdasarkan minat mereka. Dengan adanya segmentasi, anda akan tahu siapa sebenarnya pelanggan potensial dari produk dan layanan yang anda tawarkan.
Setelah menjalin kerjasama, barulah personalisasi dijalankan supaya pelanggan tetap setia dengan anda. Semakin baik hubungan kita dengan konsumen, semakin lama pula hubungan akan berjalan.

Semakin Personal Semakin Baik
Semakin personal pesan yang dibuat, semakin baik. Contoh mudahnya adalah ucapan ulang tahun. Ketika ulang tahun, inbox anda mungkin akan kebanjiran pesan dari berbagai perusahaan dimana anda bergabung. Saking begitu banyaknya, anda jadi enggan untuk mengeceknya satu persatu. Yang dilihat seringkali yang tampilannya berbeda dari yang lain.
Prinsip ini perlu diterapkan langsung pada bisnis yang anda kelola. Anda berkompetisi dengan ratusan atau bahkan ribuan perusahaan lain untuk menarik perhatian pelanggan. Jika ucapan ulang tahun terlalu umum, konsumen akan menghiraukannya. Tetapi jika pesan pesan dibuat secara personal, kemungkinan besar konsumen akan bersedia membacanya.
Hindari memakai kata sapaan yang bersifat umum. Kemudian untuk menambah nilai personal dari pesan tersebut, anda juga dapat memberikan penawaran spesial atau yang lainnya. Intinya jadikan pesan tersebut lebih spesial dibanding dengan pesan dari perusahaan lain.

Setiap pasar memiliki suhunya masing-masing. Lalu apa yang dimaksud dengan suhu market? Yuk simak apa itu suhu market dan berapa macamnya.

Itulah Personalisasi Dalam Digital Marketing. Info tentang pemasaran modern hubungi kami melalui Email droyandigitalmarketing@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor Whatsapp 0857-7774-3201.