Marketing Mix, Dalam Strategi Pemasaran?

rebranding

marketing
Pada dasarnya, konsep marketing ini akan membantu sebuah bisnis dalam merancang strategi pemasarannya dengan tepat. Dengan demikian, produk dapat diterima dengan baik oleh target market yang sudah ditentukan.

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang digunakan untuk menggapai tujuan bisnis. Pada dasarnya, ada 4 variabel yang ada di dalam marketing mix:
Konsep Marketing Mix 4P

Product

Produk adalah apa saja yang diproduksi dan di tawarkan untuk memenuhi kebutuhan orang, bisa dalam bentuk jasa, barang, atau produk virtual. Di era modern ini produk tidak terbatas pada produk fisik atau jasa.

Anda juga bisa menciptakan produk virtual seperti website, social media, aplikasi, dan semacamnya.

Yang perlu diingat ketika menciptakan produk adalah Anda harus memproduksi produk yang sesuai dengan kebutuhan dari pasar. Sebab itulah Anda perlu melakukan riset produk untuk menemukan apa yang dibutuhkan pasar dan solusi apa yang bisa Anda tawarkan.

Untuk memudahkan Anda melakukan riset, berikut adalah pertanyaan yang perlu Anda jawab:

  • Apa masalah yang dihadapi pelanggan?
  • Produk apa yang bisa Anda tawarkan?
  • Bagaimana pelanggan akan menggunakan produk Anda?
  • Apa keunikan dari produk yang Anda tawarkan?

Banyak bisnis yang gagal karena buruknya kualitas riset produk yang dilakukan di awal. Banyak pebisnis terjebak pada menciptakan produk yang hanya mengandalkan ide subjektif, tanpa riset di awal.

Perlu Anda ketahui, membuat produk yang tidak diinginkan pelanggan adalah faktor kegagalan terbesar kebanyakan perusahaan rintisan (startup).

Jadi pastikan Anda menciptakan produk yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen berdasarkan data-data yang Anda temukan di lapangan. Bukan sekadar ide subjektif Anda.

Price

Unsur berikutnya dalam marketing mix yaitu Price atau harga adalah sejumlah uang yang dikeluarkan pelanggan untuk menggunakan atau membeli produk Anda.

Harga yang terlalu rendah bisa membahayakan keberlangsungan bisnis dan menyebabkan kerugian. Di sisi lain, harga yang terlalu tinggi juga akan menyurutkan minat pelanggan.

Anda perlu menemukan patokan harga yang tepat di mana konsumen tidak merasa keberatan dan bisnis Anda tetap bisa berjalan.

Dalam ilmu ekonomi terdapat istilah Break Even Price, yaitu harga terkecil yang bisa dipasang pada produk agar bisnis tidak mengalami kerugian.

Untuk mendapatkan nilai break even price mempunyai rumus tersendiri, yaitu
( Total Fixed Cost/Production Volume ) + Variable Cost Per Unit = Break Even Price

  • Total Fixed Cost adalah biaya keseluruhan produksi produk. Termasuk di dalamnya biaya material, biaya tenaga, dan biaya lain-lain.
  • Production Volume adalah jumlah keseluruhan produk yang diproduksi
  • Variable Cost Per Unit adalah biaya pembuatan satu produk

Perlu diingat cara di atas belum mendatangkan keuntungan bagi bisnis anda. Itu adalah harga aman yang tidak merugikan bisnis Anda. Jadi Anda perlu menambahkan sedikit lagi dari break even price untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Bagaimana Copywriting Membantu Bisnis Anda

Place

Place atau tempat adalah lokasi fisik tempat berjalannya bisnis untuk mencapai target pasar. Sebuah bisnis memerlukan lokasi penjualan untuk bisa menjangkau target pasar dengan mudah.

Unsur marketing mix yang satu ini mencakup kantor pusat, gudang, pabrik, toko fisik, kantor cabang, hingga toko anak cabang. Anda tidak harus menaruh kantor pusat, pabrik, dan toko fisik dalam satu lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis dengan mempertimbangkan fungsi dan biaya.

Kini place tidak terbatas hanya pada lokasi fisik. Anda pun juga perlu mempertimbangkan internet sebagai tempat berjualan. Tempat untuk menjual produk semakin beragam, dari media sosial, marketplace, hingga toko online.

Promotion

Promosi dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Bisa dibilang ini adalah salah satu variabel marketing mix yang paling penting.

Anda dapat melakukan promosi menggunakan berbagai macam media, dari website, media sosial, papan reklame, surat kabar, radio, televisi, digital ads, media online, video online, hingga podcast.

Di era digital ini, mau tidak mau, Anda harus bisa menjangkau calon pelanggan melalui internet. Baik itu melalui media sosial, trafik organik, iklan digital, content marketing, ataupun video marketing.

Sudah Siapkah Anda Mengimplementasikan Marketing Mix pada Bisnis Anda?

Ketika Anda sudah mengetahui ke empat variable di atas, Anda sudah setidaknya satu langkah dalam menjalankan bisnis. Tinggal bagaimana Anda akan mempraktekannya pada bisnis Anda sekarang. Info mengenai pemasaran modern, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.