KIAT SUKSES DALAM BERBISNIS

Kesuksesan dalam berbisnis merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Banyak dari pebisnis pemula yang berasal dari kalangan muda menjalankan peluang usaha demi meraih kesuksesan melalui berbisnis. Untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis tidak selalu berjalan dengan mudah , diperlukan kiat-kiat sukses yang butuh diperhatikan oleh pebisnis pemula, tentu saja kiat tersebut tidak hanya untuk pebisnis pemula saja, kiat ini juga dapat di implementasikan untuk pebisnis yang sudah menjalankan bisnisnya.

  1. Bermimpi, Merencanakan, Berkomitmen.
    Tips yang pertama mengambil dari perkataan William Tanuwijaya, seorang CEO dari marketplace besar TOKOPEDIA. Dia berkata “Ketika mimpi kita pikirkan, mimpi itu berubah jadi rencana, Ketika rencana kita ucapkan rencana berubah bentuk lagi menjadi komitmen, Ketika komitmen kita lakukan, komitmen berubah menjadi kenyataan”. Kalimat yang disampaikan dalam podcast bersama salah satu content creator Indonesia, dapat disimpulkan bahwa suatu bisnis yang sukses berawal dari mimpi, yang nantinya, dengan rencana dan komitmen yang kuat akan menjadi kenyataan. Ketiga aspek ini penting dalam berbisnis, seorang pebisnis tidak bisa hanya memiliki mimpi dan rencana besar saja, tanpa adanya komitmen. Yang terjadi adalah bisnis yang akan dilakukannya akan berjalan setengah-setengah. Begitu juga dengan mempunyai rencana besar dan memiliki komitmen yang kuat tanpa mimpi yang besar, maka bisnis yang akan dijalankan tidak akan bertahan lama karena bisnis tersebut tidak sesuai dengan apa yang anda diinginkan.
  2. Riset
    Tips kedua yaitu riset pasar. Riset pasar merupakan proses mengumpulkan data yang bertujuan untuk membuat produk yang dibutuhkan oleh pasar, dan tidak dengan memproduksi barang yang pasar sendiri tidak cocok dengan produk yang di produksi. Dari riset pasar inilah Anda mendapatkan ide bisnis dan dapat berlanjut ke strategi pemasaran, dan kemudian berlanjut ke pemasaran produk atau jasa.
    Lalu bagaimana cara meriset pasar? Pada umumnya riset pasar bisa dilakukan beberapa cara antara lain:
    a. Lakukan Survey Pasar
    Anda dapat mengetahui kondisi pasar dengan melakukan survey beberapa lokasi dengan cara membuat angket atau anda dapat mewawancarai langsung masyarakat yang berada di lokasi tempat anda melakukan survey, dan jangan lupa untuk mencatat hasil wawancara atau mengumpulkan angket tersebut. Untuk mendapatkan data yang tepat, dibutuhkan jangkauan yang luas pula dalam melakukan survey.
    b. Amati Perkembangan Pasar
    Perkembangan pasar yang terjadi saat ini juga bisa dijadikan riset pasar. Amatilah apa yang sering dicari oleh masyarakat, dan tidak lupa dengan melihat produk-produk sejenis yang sudah beredar di masyarakat. Hasil dari pengamatan ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan, yang pada akhirnya menjadi sebuah produk yang siap dipasarkan.
    c. Uji Coba Pasar
    Dalam memasarkan produk baru, ada proses dimana produk dilakukan uji coba di beberapa lokasi untuk mengetahui tanggapan masyarakat mengenai produk yang di produksi dan cara ini juga berguna sebagai proses untuk menyempurnakan produk atau jasa yang dijual.
    d. Perhatikan Tingkat Persaingan Pasar
    Sama halnya dengan uji coba pasar proses ini juga dilakukan sebelum memasarkan produk. Yaitu memperhatikan tingkat persaingan pasar. Dan dilihat dari data tersebut cobalah untuk memberikan inovasi baru untuk terjun ke pasar yang sudah dipenuhi oleh banyak saingan.
  3. Bangun Tim Sukses
    Dalam sukses berbisnis diperlukan tim yang saling mendukung dan memiliki visi dan misi yang sama. Tentu pada prakteknya, menjadi sama dalam hal visi dan misi, tidaklah mudah untuk mendapatkan hal itu, dibutuhkan kesabaran untuk menuju kesuksesan bersama-sama.
  4. Kuasai apa yang berhubungan dengan Bisnis Anda
    Menguasai bisnis yang anda Kelola merupakan hal yang wajib. Hal ini nantinya berhubungan dengan calon klien anda yang mungkin tahu mengenai bisnis yang anda kelola, akan sangat canggung rasanya jika anda tidak bisa menjawab maupun membalas pernyataan dari calon klien anda, jika berbincang-bincang sebelum menggunakan jasa anda.
  5. Membuat Inovasi
    Ketika memasuki titik tertentu dalam berbisnis, mungkin ada salah satu diantara anda terpikirkan bahwa begini saja sudah cukup, dan terjebak di zona nyaman. Pemikiran seperti ini akan membuat bisnis anda semakin tertinggal dari pesaing-pesaing anda yang lainnya.
    Hal ini sama halnya seperti perusahaan NOKIA, yang pada saat itu merupakan brand handphone yang terkenal pada masanya. Pada tahun 2007 Nokia bersaing dengan perusahaan lain yang memunculkan produk sejenis tetapi menawarkan banyak kelebihan, tetapi pada saat itu teknologi yang dikembangkan Nokia tidak bisa bersaing dengan teknologi yang dikembangkan oleh pesaingnya. Kemunculan-kemunculan pesaing lain juga menjadi masalah bagi Nokia yang pada saat itu mengalami penurunan penjualan. Dengan Nokia yang tetap berpegang pada prinsipnya dan tidak melakukan INOVASI, Nokia mengalami penurunan penjualan terus menerus, hingga pada akhirnya pada tahun 2014, divisi ponsel brand tersebut dijual ke MICROSOFT.
    Pelajaran yang dapat Anda ambil adalah dalam berbisnis dibutuhkan inovasi untuk mempertahankan bisnis yang anda jalankan. Dengan berinovasi dalam berbisnis jalan untuk menjadi sukses Anda akan menjadi lebar.
  6. Belajar dari Kesalahan
    Melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar, dan setiap individu juga pernah melakukan kesalahan. Tetapi meratapi kesalahan atau terus memikirkan kesalahan anda bukanlah hal yang benar. Belajar dari kesalahan merupakan salah satu cara agar individu berkembang, setiap pebisnis juga pernah salah memilih langkah dalam mengembangkan bisnisnya, ada yang tetap sukses karena mereka mau belajar dari kesalahannya, ada juga yang tidak bisa sukses karena tidak belajar dari kesalahan mereka.
  7. Belajar dari Kesalahan Orang Lain
    Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya yaitu belajar dari kesalahan orang lain. Anda bisa bertukar cerita dengan teman bisnis anda atau mendengar dari orang lain yang bercerita pengalaman, karena dari sanalah anda bisa belajar dari kesalahan orang lain. Hal ini juga tidak selalu kesalahan orang lain, tetapi juga bisa belajar ilmu atau kiat dari orang lain juga.

Pada zaman modern saat ini, dalam berbisnis tentu membutuhkan konten marketing yang menarik agar bisa memancing konsumen baru. Konten juga berguna untuk membangun relasi secara efektif dengan para audiens, oleh karena itu dibutuhkan ide-ide dalam membuat konten yang menarik, berikut solusi agar sosial media anda tidak kehabisan konten.

Menjadi pebisnis sukses dibutuhkan kegigihan, kesabaran dan konsisten. Karena menjadi sukses tidaklah cepat tetapi sukses dapat anda raih. Mulailah dulu apa yang Anda mimpikan agar mimpi tersebut menjadi kenyataan.
Itulah beberapa kiat sukses dalam berbisnis. Untuk info tentang pemasaran modern hubungi kami melalui E-mail droyandigitalmarketing@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0857-7774-3201.