Iklan : 5+ Taktik Utama untuk Mengukur Efektivitas Iklan

b2c

Menilai efektivitas iklan memungkinkan pemasar untuk mengungkap apakah jangkauan dan penempatan media mereka memiliki dampak yang menguntungkan pada sasaran kampanye.

Ketika pemasar dapat menentukan seberapa efektif iklan mereka sebenarnya, mereka dapat lebih mudah mengidentifikasi semua kekuatan, kelemahan, dan peluang dalam strategi pemasaran menyeluruh mereka. Setelah pemasar mulai melacak efektivitas periklanan, langkah logis berikutnya adalah mereka mulai memaksimalkannya.

Ini biasanya berarti melihat kampanye yang telah selesai (atau telah ditayangkan selama beberapa minggu) dan memastikan ada keseimbangan yang tepat antara jangkauan dan relevansi iklan, sambil memastikannya bersinergi dengan setiap titik kontak yang terhubung.

  1. Mengukur Konversi dari Cost per Segment (Biaya per Segmen)
    Langkah pertama ketika menganalisa aktifitas pemasaran yang sedang dijalankan oleh banyak provider adalah menemukan cara untuk mengukur biaya setiap aktifitas dengan membandingkan hasil keseluruhan, daripada hanya melihatnya dari jumlah klik atau jumlah kunjungan.
    Namun, metrik yang ditunjukkan dalam tools yang berbeda, terutama retargeting panel, mungkin tidak bisa dibandingkan secara langsung antara satu sama lain. Karenanya, para marketer harus menggunakan alat analisis seperti Google Analytics untuk menghitung hasil secara akurat untuk masing-masing sumber.
  2. Siapkan Pengumpulan Data dan Kemampuan Analisis
    Sebelum kampanye Anda dimulai, pastikan Anda memiliki data, teknologi, dan proses yang Anda perlukan untuk mengukur kemajuan tujuan Anda. Data menyediakan landasan untuk strategi Anda.
    Anda memerlukan metode yang ditentukan untuk mengumpulkan dan memelihara data berkualitas tinggi untuk melacak efektivitas iklan dari waktu ke waktu. Kemampuan analitik pemasaran yang kuat juga diperlukan – ini akan membangun kerangka kerja umum untuk mengukur efektivitas periklanan.
  3. Mengukur Hasil per Perangkat
    Ketika kita bekerja sama dengan provider teknologi periklanan, sangat penting untuk diingat bahwa kita tidak hanya harus memeriksa hasil secara umum, tapi juga harus melihat lebih dalam dan membandingkan data per setiap perangkat.
    Dengan melakukan hal tersebut, marketer dapat meningkatkan nilai metrik yang menunjukkan metode terbaik untuk menarik pembeli potensial dari seluruh channel yang berbeda.
  4. Temukan Frekuensi Efektif Anda
    Frekuensi efektif menggambarkan berapa kali konsumen perlu melihat iklan yang sama (atau serupa) sebelum mereka menginternalisasi pesan dan, mudah-mudahan, mengambil tindakan. Ini berarti mencapai keseimbangan yang tepat antara over dan underexposing pelanggan Anda.
    Menemukan campuran yang tepat berarti menggunakan teknologi pemasaran untuk menganalisis hasil penempatan iklan Anda sebelumnya sambil memperhitungkan perbedaan antara kedua titik kontak tersebut.
  5. Identifikasi Titik Kontak yang Membutuhkan Pengoptimalan
    Tim Anda perlu mengawasi bagaimana kinerja iklan Anda. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan konversi tetapi titik kontak tertentu tidak memiliki dampak yang jelas, perubahan akan diperlukan. Saat Anda memeriksa titik kontak ini, perlu diingat bahwa beberapa titik kontak mendukung konversi dan yang lainnya mendorong konversi secara langsung.
  6. Lihat Lebih Dekat Ke Campuran Media Anda
    Pemasar memiliki daftar saluran pemasaran yang tampaknya tak ada habisnya untuk dikejar. Memilih saluran yang tepat untuk satu iklan dapat menjadi tugas yang menakutkan dan menemukan kombinasi saluran yang tepat untuk strategi pemasaran omnichannel secara eksponensial lebih sulit. Di sinilah teknologi pemasaran masuk.

Baca juga : 4 Tips Sukses Optimasi Marketing Funnel Dalam Bisnis

Menilai Efektivitas Iklan

Dengan menilai efektivitas iklan yang telah di lakukan dapat memungkinkan untuk melihat jangkauan dan penempatan media yang tepat ketika beriklan. Info mengenai pemasaran digital silakan hubungi melalui email droyandigitalmarketing@gmail.com atau Anda bisa langsung menghubungi whatsapp kami di 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.