Cara Memulai Bisnis Makanan Rumahan yang Menggiurkan

bisnis waralaba

Bisnis kuliner tidak akan ada habisnya, karena makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Dan hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk memulai bisnis yang menjanjikan ini. Perkembangan bisnis makanan yang semakin cepat ini, menuntut Anda untuk bisa berinovasi setiap tahun, bahkan setiap bulannya.

Bisnis Makanan Rumahan yang Menggiurkan

bisnis
Kenapa Anda dituntut untuk selalu berinovasi? Hal ini karena semakin banyak pesaing di laut yang sama dengan Anda. Maksudnya? Semakin banyak kompetitor yang memiliki jenis bisnis makanan yang sama dengan Anda, semakin sulit juga Anda mendapatkan ikan atau konsumen di market yang sama.

Tips Memulai Usaha Makanan Rumahan

Untuk itulah Anda perlu untuk membuat inovasi baru pada produk makanan Anda, yang membedakan Anda dengan kompetitor. Untuk itu sudah kami rangkum beberapa tips sebelum Anda menjalankan bisnis makanan rumahan yang menggiurkan ini. Yuk simak sampai selesai.

  1. Tentukan Konsep
    Menentukan konsep tempat dan menu bisa menjadi hal pertama yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Jika Anda memiliki modal yang cukup besar dan bahkan memiliki lokasi yang strategis, Anda bisa membuat tempat makan yang fotogenik untuk menarik konsumen Anda.

    Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk membuka bisnis makanan? Anda bisa membukanya di rumah Anda dengan konsep lesehan ataupun dengan konsep makanan rumahan yang buat konsumen merasa bernostalgia. Hal ini perlu untuk Anda perhatikan, sebagai pondasi awal untuk membangun bisnis makanan rumahan atau bisnis makanan lainnya.
  1. Siapa Target Market Anda?
    Setelah mengetahui konsep apa yang ingin Anda buat, langkah selanjutnya Anda perlu untuk mengetahui siapa target market Anda? Sebagai contoh, saat ini kesehatan penting untuk dipikirkan dan tak jarang banyak orang yang ingin diet tapi tidak mau ribet dengan mengolah bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan diet mereka, alhasil mereka banyak yang menyerah di awal program dietnya. Disinilah peluang Anda untuk membuat makanan bergizi rendah lemak kepada mereka yang ingin diet.

    Tapi bukannya ini masuk ke konsep ya? Ya mungkin sebagian dari Anda berpikiran seperti itu. Ya tidak dipungkiri lagi memang kedua hal ini berhubungan dan menjadi pondasi awal Anda dalam membangun bisnis makanan. Jadi ketahui siapa target konsumen bisa menjadi nilai tambah untuk pondasi awal bisnis Anda.

Baca juga: 4 Strategi Membuka Bisnis Coffee Shop atau Cafe yang Efektif

  1. Buat Menu yang Menarik
    Setelah membuat pondasi yang terencana, langkah selanjutnya Anda perlu untuk membuat menu yang menarik. Semakin menarik dan semakin banyak pilihannya, semakin baik pula bisnis makanan Anda. Apalagi jika Anda memberikan menu makanan yang hadir setiap waktu tertentu. Namun hal terpenting dari semua itu rasa yang Anda berikan kepada customer. Semakin nikmat rasa yang Anda berikan, semakin besar pula rasa ingin Kembali kepada Anda.
  2. Tentukan Harga Jual
    Setelah membuat menu apa yang menarik minat konsumen, langkah selanjutnya Anda perlu untuk menentukan harga jual makanan Anda. Tentu Anda tidak bisa mengambil keuntungan besar-besar, Anda juga perlu memerhatikan daya beli masyarakat di sekitar Anda. Ini lebih berkaitan dengan poin selanjutnya yang akan kami bahas.
  3. Lokasi Jualan
    Lokasi bisa menjadi hal penting jika Anda memiliki modal yang besar, tapi jika Anda tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa membukanya di rumah Anda. Hal ini juga berhubungan dengan harga yang Anda tentukan. Anda bisa menjual dengan harga rata-rata dari daya beli masyarakat di daerah Anda.

    Lalu bagaimana jika daya beli di daerah Anda rendah? Anda tentu tidak ingin jual dengan harga rendah juga bukan? Jadi pertimbangkan untuk memilih lokasi jual Anda. Yang kami maksud disini adalah dimana Anda akan menjualnya? Jika memang daerah Anda memiliki daya beli yang rendah, Anda bisa menjualnya melalui aplikasi ojek online untuk bisa mendapatkan banyak orderan dari lokasi lain. Dengan pendapatan dari berjualan online, Anda bisa menyewa atau bahkan memiliki tempat berjualan yang layak untuk bisnis makanan Anda.
  1. Bangun Branding yang Kuat
    Bisnis tidak akan berjalan jika Anda tidak memberitahu masyarakat. Melakukan pemasaran merupakan bagian penting untuk Anda bisa bertahan di era digital saat ini. Pemasaran modern merupakan langkah tepat untuk Anda bisa memberitahu masyarakat di luar sana bahwa Anda memiliki bisnis makanan yang enak dan juga unik. Anda bisa membangun brand dengan membuat media sosial, membuat konten yang unik dan relevan, atau bahkan mengundang selebgram untuk mencoba makanan Anda.

Baca juga: Tips agar Pelanggan Lebih Loyal Terhadap Bisnis Anda

Akhir Kata

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis makanan rumahan atau bisnis makanan lainnya. Memang berbisnis tidaklah mudah, tapi jika Anda konsisten dan tahu caranya. Anda tidak mulai dari nol, tapi Anda sudah satu Langkah di depan untuk sukses berbisnis. Jika Anda membutuhkan konten untuk bisnis Anda, hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.