CARA MEMAKSIMALKAN FITUR INSTAGRAM BRANDED CONTENT

Secara resmi, Instagram mendefinisikan Instagram Branded Content (dalam bahasa Indonesia disebut Konten Bermerek di Instagram) sebagai konten kreator atau penerbit yang menampilkan atau dipengaruhi partner bisnis demi nilai tukar (misalnya, ketika partner bisnis membayar kreator atau penerbit). Namun jika disederhanakan, Instagram Branded Content adalah penggabungan antara metode influencer marketing dengan Instagram Ads.
Instagram Branded Content membuat strategi brand dalam menggunakan Instagram sebagai kanal marketing menjadi semakin efektif dan efisien. Alasannya, audiens akan melihat konten yang telah di-posting oleh influencer sebagai konten organik, meskipun sebenarnya postingan tersebut di-boost melalui Instagram Ads. Menurut hasil riset yang dilakukan Instagram, 68% pengguna lebih banyak berinteraksi terhadap konten yang di-posting oleh influencer ketimbang yang dilakukan oleh brand melalui iklan. Jika ingin berhasil dalam pembuatan branded content, salah satu caranya yaitu harus dengan mengoptimalkan hal tersebut.
Oleh karena itu berikut cara memaksimalkan fitur Instagram branded content atau yang bisa disebut dengan konten bermerek di Instagram, yaitu :

  1. Efektifitas Iklan Konten Bermerek Instagram
    Iklan konten bermerek di Instagram pada dasarnya memiliki tiga manfaat penting. Mulai dari pencapaian target, analitik lebih optimal, dan autentifikasi merek. Iklan bermerek tersebut dianggap sebagai posting organik yang dibagikan oleh akun instagram pribadi. Selain itu, iklan konten bermerek dapat dipublikasikan melalui konten bersponsor. Pengaplikasian iklan konten bermerek terbukti mendatangkan audiens lebih banyak dan meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu optimalkan iklan konten bermerek anda di Instagram karena dapat menarik audiens yang lebih untuk bisnis pada Instagram anda.
  2. Mengintip Ide Kreatif Iklan Konten Bermerek Instagram
    Iklan konten bermerek pada dasarnya adalah postingan yang dipromosikan infuencer. Memang menggunakan jasa influencer mampu mengoptimalkan konten. Tetapi harus ada ide menarik agar audiens mengomentari, menyukai, dan membagikan postingan. Maksimalkan ide kreatif untuk konten bermerek anda pada Instagram.
  3. Memaksimalkan Pembuat Konten bermerek instagram
    Pembuat konten yang menjalin mitra sesungguhnya tidak sembarangan ketika menggunakan iklan konten bermerek. Pembuat konten maupun influencer tidak dapat mempromosikan iklan merek secara terpisah. Umumnya hanya mengizinkan kemitraan bisnis untuk melakukan promosi. Hal tersebut wajib kalian ketahui agar tidak terjadi kesalahan pada konten bermerek anda.
  4. Membuat pengiklanan dengan tujuan yang jelas
    Langkah yang terakhir yaitu menetapkan tujuan. Pilih juga tempat publikasi postingan. Misalnya stories, in-feed, maupun explore. Dapat memanfaatkan postingan yang hendak diiklankan melalui pilihan ‘Gunakan Postingan yang Ada’. Selanjutnya pilih menu ‘Pilih posting’ ataupun ‘Ubah Posting’, kemudian membuka Konten Bermerek. Pastikan tujuannya yang jelas dan benar agar pengoptimalan Instagram branded content anda berjalan dengan lancer.

Anda ingin mengisi konten di media sosial bisnis anda? tentu perlu ada persiapan untuk itu. Ingin tahu apa saja persiapannya? Yuk simak!

Akhir Kata
Dengan menggunakan Instagram Branded Content, brand bisa mempromosikan dengan menggunakan Instagram Ads konten yang telah dipublikasikan oleh Brand Ambassador atau Influencer secara langsung dari dashboard Facebook Business Manager-nya.
Bagaimana dengan Anda sendiri, sudah memaksimalkan fitur instagram yang satu ini? Anda ingin memaksimalkan Instagram bisnis anda? kami bisa membantu, hubungi kami melalui email droyandigitalmarketing@gmail.com atau anda bisa langsung menghubungi kami langsung dinomor whatsapp 0857-7774-3201.