Berbisnis Tapi Belum Memahami Analisis SWOT?

data

Mungkin ketika Anda pertama kali memutuskan untuk berbisnis, Anda masih belum banyak mengetahui perencanaan seperti apa yang ingin Anda rancang agar bisnis Anda bisa bersaing dengan kompetitor lain. Tenang saja, akan kami bantu dengan merangkum teknik perencanaan yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda menyusun strategi maupun membuat ide bisnis baru.

Analisis SWOT Dalam Berbisnis

berbisnis
Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah mendengar, atau bahkan Anda belum pernah mendengar sama sekali? Tidak apa-apa jika Anda belum mendengar, karena di artikel ini Anda akan belajar penuh mengenai teknik perencanaan yang satu ini.

Analisis SWOT merupakan teknik perencanaan strategi yang berguna untuk mengevaluasi 4 hal Strength,Weakness,Opportunities,Threats (SWOT). Sesuai namanya 4 hal ini berupa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Perusahaan atau pebisnis, menggunakan ini untuk menganalisis dan mengorganisir 4 hal di atas yang dialami oleh bisnis Anda. Jika dijabarkan, unsur kekuatan dan kelemahan bisa bersifat internal yang mana ini berhubungan dengan reputasi bisnis, hak paten, lokasi pabrik maupun yang lainnya. Sehingga, Anda masih bisa mengaturnya dari waktu ke waktu.

Hal ini berbeda dengan peluang dan ancaman yang sifatnya eksternal yang mana ini berhubungan dengan kompetitor, harga pasar, dan bahkan supplier. Faktor ini sangat sulit untuk bisa Anda kontrol karena kefleksibelan dan akan berubah dari waktu ke waktu.

Semua bisnis bisa menggunakan analisis SWOT kapanpun untuk dapat menilai kondisi lingkungan yang terus berubah. Berikut metoder analisis SWOT yang menghasilkan masalah dari 4 sisi yang berbeda.

  • Bagaimana kekuatan bisa mengambil keuntungan dari sebuah peluang yang ada?
  • Bagaimana mengatasi kelemahan yang mencegah keuntungan?
  • Bagaimana kekuatan bisa menghadapi ancaman yang ada?
  • Bagaimana mengatasi kelemahan yang bisa membuat ancaman menjadi nyata atau bahkan menciptakan ancaman baru?

Dengan saling mengaitkan antara keempat faktor di atas, bisa disimpulkan membuat analisis seperti ini juga memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Omzet Bisnis Pasca Pandemi Covid-19

Lalu Apa Saja Manfaat Menggunakan Analisis SWOT Dalam Berbisnis?

Saya sampai disini masih bingung dengan 4 faktor di atas, bagaimana mengaitkan faktor-faktor tersebut untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan? Dengan membuat analisis SWOT, bisa membantu Anda untuk menetapkan prioritas mana yang harus didahulukan oleh perusahaan.

Jika Anda tidak memiliki informasi dari analisis SWOT ini, Anda tidak dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar, minat, bahkan peluang pasar yang bisa Anda manfaatkan. Tentu Anda juga bisa mengetahui seberapa tinggi tingkat persaingan pasar pada produk ataupun usaha Anda.

Sehingga, akan lebih baik jika Anda memulai untuk menjalankan bisnis, Anda telah menganalisa produk atau bisnis yang Anda bangun.
Mencoba Menggunakan Analisis SWOT

Rasanya setelah mengetahui apa saja manfaat ketika Anda menggunakan analisis SWOT, tidak lengkap jika belum mencoba bagaimana menggunakan analisis SWOT ini. Berikut contoh daftar pertanyaan berdasarkan keadaan perusahaan Anda.

Strength

  1. Apa Kelebihan Perusahaan Anda?
  2. Apa yang Membuat Perusahaan Anda Bisa Lebih Baik dari Perusahaan Lainnya?
  3. Hal Apa yang Menyebabkan Perusahaan Anda Memperoleh Customer?
  4. Keunikan Apa yang Dimiliki Perusahaan Anda?

Weakness

  1. Apa yang Harus Ditingkatkan Pada Perusahaan Anda?
  2. Apa yang Harus Dihindari?
  3. Apa Kelemahan yang Dilihat dan Dirasakan oleh Konsumen dari Perusahaan Anda?
  4. Apa yang Dilakukan Kompetitor Sehingga Perusahaan Mereka Lebih Baik dari Perusahaan Anda?

Opportunity

  1. Kesempatan Apa yang Bisa Anda Lihat?
  2. Tren Apa yang Saat Ini Sedang Berlangung?

Threat

  1. Hambatan Apa yang Sedang Dihadapi?
  2. Hal Apa yang Sudah Dilakukan Oleh Kompetitor Anda?
  3. Perubahan Apa yang Diberikan Pemerintah yang Bisa Mengancam Perkembangan Bisnis Anda?
  4. Perubahan Apa yang Berpotensi Menjadi Ancaman untuk Perusahaan Anda?

Akhir Kata

Jika Anda sudah mempertanyakan beberapa hal di atas dan sudah menemukan jawabannya, Anda telah menyelesaikan analisis dari SWOT perusahaan Anda, dan langkah selanjutnya Anda bisa langsung mengubahnya menjadi strategi yang dibisa direalisasikan.

Analisis ini bisa Anda gunakan untuk menghasilkan strategi yang bisa Anda kerjakan selama beberapa bulan. Penting untuk Anda menciptakan tujuan setiap bulannya, seperti apa yang ingin Anda capai pada bulan pertama, kedua, atau bahkan setiap bulan.

Gunakan juga daftar tindakan yang bisa membantu Anda dalam membantu apa yang harus Anda prioritaskan. Menganalisis seperti ini memang tidak bisa dipastikan untuk mendapat solusi dari masalah Anda. Tapi kegiatan ini masih bisa memecahkan persoalan bisnis Anda. Info mengenai pemasaran modern, atau bahkan Anda masih bingung dengan SWOT pada bisnis Anda, kami bisa membantu Anda. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.