Apa itu Konversi dan Bagaimana Cara Meningkatkanya

media sosial

Apa Itu Konversi?

konversi
Konversi dalam marketing adalah isitilah yang dipakai untuk merujuk pengunjung yang mengambil Tindakan lebih lanjut terhadap website atau toko online anda.

Jika di ibaratkan toko adalah website anda, dan pengunjung adalah audiens website anda maka kita akan tahu bahwa audiens kadang hanya melihat-lihat dan Sebagian lagi membeli suatu.

Bahkan frekuensi audiens yang sekedar melihat-lihat jauh lebih besar dibandingkan dengan yang melakukan tindak lanjut jauh lebih besar.

Oleh karena itu meningkatkan konversi dalam digital marketing merupakan hal dasar yang harus dilakukan untuk meningkatkan laba atas investasi dan pemanfaatan anggaran pemasaran.

Saat menerapkan digital marketing, ada cara tersendiri yang perlu diingat untuk membantu anda meningkatkan konversi.

Baca juga: Influencer Marketing: Tingkatkan Brand Bisnis Anda Sekarang!

Bagaimana Cara Meningkatkan Konversi?

Dengan melakukannya secara konsisten dan teratur, bukan tidak mungkin peningkatan konversi akan didapatkan secara terus menerus.
berikut cara-caranya :

  1. Perbaiki Setiap Elemen Promosi
    Jika anda menginginkan hasil yang maksimal maka perbaikilah setiap elemen promosi yang anda punya.
    Mulai dari gambar, caption, subjek email, konten, loading website dan lain-lain.

    Lakukan A/B testing dengan ketat dan teratur untuk benar benar melihat bagian yang terbaik untuk digunakan bagi setiap elemen.
    Melakukan ini secara konsisten dan teratur akan membuat upaya digital marketing anda semakin efektif.
  2. Hadir Di Media Sosial
    Anda mungkin sudah sering mendengar ini di setiap tips meningkatkan pemasaran.
    Namun anjuran penggunaan media social memang harus ada karena ini adalah hal yang mendasar dalam strategi pemasaran digital apapun.

    Ini adalah metode paling dasar yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan bisnis anda.
    Biaya murah dalam penggunaanya tidak membuat hasil yang didapatkan kurang memuaskan.
    Justru media social di gadang-gadang menjadi wadah yang efektif untuk menjangkau semua kalangan.
  3. Optimalkan Kecepatan Loading Website
    Banyak perusahaan yang mengisi website dengan berbagai grafik, video, dan konten lainnya yang justru memperlambat website.
    Hal ini dilakukan agar website terlihat lengkap dan menyediakan segala kebutuhan informasi yang di tujukan kepada pengunjung.

    Padahal menurut penilitian Akamai Technologies, 47% dari user internet mengharapkan website dapat dimuat hanya dalam 2 detik saja.
    Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi kan? Oleh karena itu buat laman website yang sederhana bukan hanya untuk mempercepat akes tetapi juga lebih minimalis dan enak dipandang.
  4. Konten Yang Menarik
    Bentuk pemasaran digital apapun mengharuskan anda untuk menghasilkan konten yang menarik.
    Tujuan akhir membuat konten adalah untuk membujuk pengunjung agar menanggapi ajakan anda dan membuat mereka melakukan Tindakan yang diinginkan, seperti menyetujui tawaran iklan anda, mengakses website anda dan membeli produk atau jasa anda.

    Anda hanya memiliki sedikit dari waktu pengunjung. Oleh sebab itu buatlah konten yang singkat namun mengena, gunakan kata-kata yang kuat dan membangkitkan emosi dalam menarik perhatian dan mengomunikasikan pesan anda kepada mereka.
  5. Gunakan Heat Map
    Heat map adalah alat visualisasi yang digunakan untuk mendata titik-titik yang padat.
    Heat map digunakan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi bagian mana yang mempunyai aktivitas tinggi.

    Fitur ini memungkinkan anda untuk mengetahui setiap detail perilaku pengunjung saat menavigasi website anda.
    Elemen apa yang paling mereka perhatikan? Dimana titik kebosenan mereka? Apakah mereka secara sistematis mengabaikan tombol CTA? Serta pertanyaan-pertanyaan lainnya.
    Informasi inilah yang nanti dapat anda gunakan sebagai evaluasi dan inovasi untuk setiap bagian.
  6. Dapat Dijangkau Dengan Mudah
    Setiap orang memiliki preferensi komunikasi masing-masing. Apa yang mungkin dianggap sederhana oleh salah satu orang, bisa jadi merupakan kesulitan bagi orang lain.

    Untuk memastikan anda terhubung untuk setiap pengunjung, buatlah anda dapat dijangkau melalui berbagai alat komunikasi baik itu telepon, short massage, email, dan lain-lain.
  7. Sertakan Call To Action
    Pengunjung saat ini cenderung memilih sesuatu yang simple, sesuatu yang langsung mengarahkan pada hal yang mereka butuhkan.
    Oleh karena itu calls to action menjadi salah satu elemen penting dalam digital marketing.

    Call to action atau CTA merupakan metode yang menggunakan pernyataan yang di rancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang membacanya.
    Contoh CTA yang sering di temui seperti “Baca lebih lanjut disini”, “dapatkan sekarang juga, promosi terbatas”, “tonton video ini” dan lain sebagainya.

    Penting untuk membuat tombol call to action menarik dan mudah dilihat.
    Buat teks yang besar, dapat dibaca, posisikan ditengah atau sisi kiri layer, dan gunakan warna yang kontras.
  8. Berikan Rasa Urgensi
    Memberikan rasa urgensi untuk segera mendapatkan produk dapat dimanfaatkan sebagai upaya pemasaran yang cukup ampuh.
    Penawaran dengan kata-kata “Kesempatan Terakhir” atau “Stock Terbatas” dan pernyataan kuat lainnya akan menimbulkan rasa khawatir tidak mendapat produk dan akhir nya melakukan pembelian.

Baca juga: Digital Marketer Wajib Tahu Istilah Ini!

Penutup

Meningkatkan konversi memang sesuatu yang tidak mudah, namun dengan konsistensi, bukan tidak mungkin Anda mendapat hasil maksimal.
Berbicara mengenai bisnis, tentu Anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Mulai dari pemasaran, pengelolaan, dan lain sebagainya. Jadi ada baiknya untuk Anda mendelegasikan tugas-tugas tersebut pada tim bisnis Anda. Jika Anda belum menemukan dan butuh untuk mengisi media sosial, website, ataupun butuh konsultasi, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.