5 Tips Promosi Produk dengan Strategi Trade Marketing

spamhaus block list

Agar perusahaan bisa menjual produk dengan cepat, strategi yang mereka perlukan adalah trade marketing. Metode ini menjawab kebutuhan banyak perusahaan. Tak hanya itu, strategi pemasaran ini juga dapat meningkatkan angka penjualan perusahaan.

Nah, memangnya apa sih yang dimaksud dengan trade marketing? Bagaimana cara promosinya? Simak lebih lanjut tentang artikel berikut ini.

Apa itu Trade Marketing?

Trade marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada grosir dan distributor daripada pelanggan. Bertujuan meningkatkan permintaan dengan mitra untuk menghadirkan produk kepada pelanggan. Metode ini dilakukan dengan membuat bisnis lain mengenali nilai produk Anda dan meyakinkan mereka untuk ikut membantu penjualan.

Strategi marketing ini juga berbeda dari metode pemasaran tradisional yang biasanya digunakan oleh perusahaan. Idealnya, tips terbaik luncurkan penjualan akhir ini adalah dengan menampilkan produk di depan pelanggan sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

5 Tips Promosi Produk dengan Trade Marketing

Berikut adalah tips promosi trade marketing yang bisa Anda coba.

1. Pameran Dagang

Tips promosi pertama adalah melalui pameran. Di sinilah tempat yang tepat untuk bertemu dengan supply chain seperti distributor hingga retailer. Manfaat lainnya melalui pameran ini adalah membangun hubungan jangka panjang yang baik pada keuntungan bisnis Anda.

Baca juga: TikTok: Tips Mencari Sound Trending di TikTok

2. Sampling Produk

trade marketing
Setelah Anda membuat produk baru, cara yang tepat untuk mempromosikan produk Anda adalah dengan memberikan sample gratis. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba produk Anda secara gratis. Mereka akan mengetahui bagaimana kelayakan produk tersebut sebelum membeli. Jika mereka menyenangi produk Anda, nantinya mereka akan membantu menyebarkan produk Anda ke orang-orang sekelilingnya. Dengan begitu, produk Anda akan semakin dikenal banyak orang.

3. Diskon Harga agar Strategi Trade Marketing Bisa Maksimal

Pemotongan harga selalu menjadi strategi pemasaran yang paling menarik dalam penjualan produk. Diskon ini dapat berupa pengurangan harga, atau diskon berjenjang (lebih banyak pembelian, semakin besar potongan harga).

Selain harga yang menjadi salah satu poin penting, faktor lainnya adalah ketersediaan barang dan juga kualitas.

Baca juga: Apa itu Spamhaus Block List?

4. Display In-Store

Strategi selanjutnya adalah strategi menampilkan produk Anda di toko. Hal ini bertujuan untuk memastikan produk Anda dapat dilihat dengan mudah oleh pembeli. Beberapa contoh dalam strategi ini adalah poster, spanduk, atau demonstrasi langsung produk Anda. Strategi ini diarahkan agar pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda.

5. Hadiah

Promosi selanjutnya adalah dengan undian atau hadiah. Cara menerapkan strategi ini yaitu dengan memberikan undian atau hadiah kepada pelanggan yang dapat berlangsung selama waktu tertentu. Hal ini bertujuan agar pelanggan akan merasa ingin mendapatkan dan bisa meningkatkan penjualan.

Baca juga: TikTok Marketing 2023

Akhir Kata

Itulah penjelasan singkat mengenai trade marketing dan 5 tips promosinya. Nah, selain metode satu ini, masih ada berbagai strategi pemasaran lain yang perlu Anda ketahui. Pelajari strategi marketing atau SEO lainnya hanya di website Droyan, semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan jasa isi konten atau membangun strategi digital marketing pada bisnis Anda, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.