5 LANGKAH MENYUSUN MARKETING PLAN

Rencana pemasaran (marketing plan) merupakan salah satu bagian dari proses manajemen yang mengarah kepada strategi pemasaran. Umumnya, jika di suatu perusahaan memiliki marketing plan yang baik maka perusahaan tersebut dapat mencapai keuntungan dengan berbagai macam cara yang efektif dan juga efisien.
Produk yang bagus saja belum cukup. Anda perlu sebuah marketing plan agar dapat memasarkan produk lebih efektif untuk menjangkau audiens lebih banyak. Nah, bagaimana cara membuat marketing plan yang baik ? Anda bisa membaca artikel ini.

  1. Melakukan Analisis Situasi
    Dengan adanya analisis SWOT, maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar, serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Menentukan target pasar penting untuk dilakukan, agar dapat menerapkan strategi pemasaran yang efektif.
  2. Menentukan Target Pasar
    Menentukan target pasar penting dilakukan agar Anda bisa menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Dengan target pasar Anda akan lebih fokus dalam memasarkan produk dan mengembangkan usaha.
    Target pasar bisa diartikan sebagai siapa yang ingin Anda tarik untuk membeli produk Anda. Salah satu cara yang efektif untuk menentukan target pasar yaitu dengan membuat buyer persona. Buyer persona merupakan representasi dari tipikal target pelanggan bisnis Anda.
  3. Menuliskan Semua Target Pemasaran Dalam Daftar
    Buatlah target pemasaran dalam daftar. oTulis semua target pemasaran untuk tahun depan. Gunakan kriteria SMART saat menentukan target, yaitu : spesifik (specific), terukur (measurable), bisa tercapai (attainable), realistis (realistis), dan memiliki tenggat waktu (timely).
  4. Membuat Strategi Konten
    Strategi konten adalah bagian dari strategi bisnis yang bisa Anda masukkan dalam marketing plan. Untuk memudahkan dalam membuat strategi konten, Anda bisa memulainya dengan cara membagi calon pembeli Anda ke dalam tiga tahapan seperti contoh di bawah ini:
    • Awareness. Di tahap inicalon pembeli menyadari tentang keinginan atau kebutuhan akan sebuah produk/ layanan. Mereka biasanya mulai mencari tahu informasi tentang sebuah produk/layanan di mesin pencari.
    • Consideration. Di tahap ini, calon pembeli mulai menimbang-nimbang produk/layanan apa yang akan mereka pilih. Sehingga di tahap ini, Anda bisa membuat konten seperti: sebuah panduan ahli, video atau blog post tentang perbandingan suatu produk, atau live interaction di media sosial.
    • Decision. Di tahap yang terakhir ini,calon pembeli telah memutuskan produk/layanan apa yang mereka ambil. Mereka kemudian juga mencari tahu bagaimana cara mendapatkan produk/layanan tersebut.
  5. Buat Rencana Tahunan
    Banyak ahli pemasaran yang menyarankan agar setiap perusahaan mengevaluasi rencana pemasaran minimal satu kali dalam setahun. Cara ini membantu perusahaan melihat target yang sudah tercapai, menentukan hal-hal yang berprogres berdasarkan saat ini, dan menentukan perubahan yang diperlukan berdasarkan rencana penjualan.

Dalam berdagang atau berjualan, anda perlu melakukan promosi kepada para konsumen untuk mereka dapat mengetahui produk atau jasa yang anda jual. Yuk simak cara-cara pemasaran agar produk anda dapat dikenal orang lain.

Itulah 5 Langkah Menyusun Marketing Plan. Info tentang pemasaran modern hubungi kami melalui Email droyandigitalmarketing@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor Whatsapp 0857-7774-3201.