5 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif

SEO

Bicara mengenai bisnis adalah tentang menjual produk ataupun jasa, ya. Pasti ada aktifitas di mana kamu memikirkan bagaimana bisnismu laku? Bagaimana bisnismu banyak diminati? Strategi pemasaran adalah kata yang tepat untuk menjawab hal tersebut.
Strategi pemasaran adalah sebuah rangkaian perencanaan untuk meraih target pasar lalu mengubah mereka menjadi konsumenmu. Artinya perlu ada cara untuk menjangkau konsumen, tidak bisa asal-asalan agar sesuai target pasarmu sendiri.
Strategi pemasaran ini juga berguna untuk memudahkan kinerja tim, dari segi koordinasi maupun jangka waktu, lalu goals dari jobdesk masing-masing tim itu sendiri. Strategi pemasaran pun banyak jenisnya. Berikut ini adalah berbagai jenis strategi pemasaran efektif yang perlu kamu tahu untuk kelancaran bisnismu. Apa saja ya?

  1. Social Media Marketing
    Social Media Marketing adalah jenis strategi pemasaran yang nggak boleh kamu lewatkan. Social Media Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan media sosial.
    Tak dipungkiri pesatnya perkembangan dunia internet dengan social media yang begitu digandrungi, membuat marketing (pemasaran) berubah menjadi digital marketing (pemasaran digital). Bisa kamu sebutkan, berapa toko online yang ada di social media? Pastinya sangat banyak.
    Di dalam Social Media Marketing kamu bukan hanya mengenalkan produk dengan berbagai postingan, tapi kamu bisa memanfaatkan fitur bisnis, iklan berbayar, bahkan hashtag di caption yang bisa mengundang banyak audiens media sosial.
  2. Pemasaran interaktif
    Strategi pemasaran interaktif melibatkan partisipasi konsumen dalam proses pemasaran itu sendiri. Contoh, perusahaan dapat mencantumkan nama konsumen atau kustomisasi lainnya pada produk edisi terbatas.
    Metode ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai suatu produk atau layanan. Dengan begitu, permintaan konsumen atas produk atau layanan tersebut akan meningkat.
  3. Search Engine Optimization (SEO)
    SEO adalah proses memperoleh traffic dari hasil pencarian organik, editorial, maupun bebas pada mesin pencari. Strategi ini berkaitan erat dengan pemasaran konten, bahkan turut menentukan apakah suatu konten dapat dikatakan berkualitas.
    Konten yang memenuhi SEO akan menempati posisi atas pada hasil pencarian.
    Jika konten tersebut naik dengan pesat, perusahaan akan mendapatkan traffic yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan brand awarenes sehingga jumlah konsumen turut bertambah.
  4. Search Engine Marketing (SEM)
    Internet, siapa yang tidak menggunakan internet? Siapa yang tidak kenal dengan Google? Search Engine Marketing (SEM) adalah jenis strategi pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian atau Google. Artinya kamu harus membuat website terlebih dahulu.
    Bukankah aktifitas menggunakan mesin pencari atau Google banyak dilakukan orang-orang? Inilah kesempatanmu untuk mengenalkan bisnismu melalui website yang otomatis terhubung ke Google.
    Dengan strategi SEM, kamu dapat meningkatan audiens yang mengunjungi website mu ketika menggunakan Google untuk mencari informasi.
  5. Content Marketing
    Content Marketing merupakan strategi pemasaran dengan membuat berbagai konten yang menarik perhatian audiens. Konten ini bisa berupa blog, video, infografik, gambar-gambar, bahkan sampai podcast dan buku.
    Content Marketing ini perlu dikonsepkan sebaik mungkin agar tepat sasaran dan pesan marketingmu tersampaikan. Perlu ada konsistensi dan isi yang relevan sesuai target market bisnismu. Content Marketing juga akan membuat lebih dekat dengan audiens.

Dengan memberikan hashtag yang relevan dengan konten yang Anda buat, akan membantu konten Anda untuk dapat dilihat oleh orang lain. Ingin tahu bagaimana cara mencari hashtag yang powerfull melalui website gratis? Yuk simak!

Itulah 5 Jenis Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif. Info tentang pemasaran modern hubungi kami melalui Email droyandigitalmarkerting@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor Whatsapp 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.