4 Dampak Utama Promosi Penjualan

bisnis bahan mentah

Promosi Penjualan

Dalam melakukan strategi pemasaran, promosi penjualan merupakan komponen penting yang bisa Anda pertimbangkan. Apalagi pada saat ini promosi bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai alat komunikasi untuk mempromosikan nilai dari suatu perusahaan, produk, ataupun layanan Anda.

4 Dampak Promosi Penjualan

promosi penjualan
Sementara itu Anda perlu tahu Sebagian besar promosi difokuskan pada tujuan komunikasi jangka Panjang antara penjual dengan pelanggan, sehingga promosi penjualan diharuskan memiliki motif khusus untuk dapat menciptakan penjualan langsung. Dengan begitu dampak utama yang Anda dapatkan ketika melakukan promosi penjualan antara lain:

  1. Menarik Pelanggan
    Ketika melakukan promosi penjualan, pada umumnya bisa dijadikan sebagai bujukan harga untuk menarik pembeli yang tahu harga dan tidak tertarik pada produk dengan harga yang biasa. Biasanya hal ini bisa terjadi ketika perusahaan ingin membangun basis pelanggan. Seperti pembukaan, saat pesaing gulung tikar, atau bahkan ketika berada dalam industry yang sangat kompetitif.
  2. Meningkatkan Pendapatan
    Meningkatkan pendapatan adalah tujuan utama hampir semua pada semua bisnis, begitu juga ketika melakukan promosi penjualan. Promosi penjualan juga sering membatasi potensi keuntungan Anda, tapi mereka juga memungkinkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dalam jangka pendek.

    Hal ini karena peningkatan volume penjualan yang berarti lebih banyak arus kas. Itulah mengapa perusahaan yang berjuang untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek sering kali beralih ke program diskon. Karena untuk mewujudkan pendapatan yang lebih besar, Anda membutuhkan lebih banyak pelanggan untuk membeli produk Anda lebih banyak dengan harga yang lebih murah.
  3. Pengurangan Inventaris
    Promosi penjualan yang efektif bisa menyebabkan pengurangan persediaan, karena pelanggan akan membeli banyak produk yang Anda jual. Faktanya perusahaan sering menahan produk di akhir musim pembelian tertentu. Sebagai contoh, saat memasuki akhir musim lebaran, Anda sering melihat pengecer diskon baju lebaran lainnya untuk memberi ruang di rak untuk produk lain bukan?

    Meskipun hal ini sering mengakibatkan kerugian kotor atas kelebihan persediaan, setidaknya Anda mendapatkan beberapa pendapatan dibandingkan membuang semua produk kadaluwarsa.
  4. Orientasi Harga
    Salah satu efek negative yang diterima ketika promosi penjualan adalah bahwa mereka bisa mengarah pada orientasi harga di antara pelanggan. Hal ini benar jika Anda menggunakan secara berlebihan atau mempertahankan diskon untuk waktu yang lama. Pelanggan secara psikologis akan menghubungkan harga promosi dengan nilai produk dan kenaikan harga mungkin tidak akan berhasil.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Website

Akhir Kata

Itulah 4 dampak utama yang Anda rasakan ketika melakukan promosi penjualan. Memang meningkatkan pendapatan merupakan hal penting, tapi ada beberapa dampak negative yang bisa Anda terima ketika melakukan promosi penjualan. Jika Anda ingin melakukan promosi penjualan tapi masih tidak tahu bagaimana caranya dan strategi apa yang tepat untuk bisnis Anda, kami memiliki solusinya. Hubungi kami sekarang dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.