3 Cara Kelola Bisnis di Masa Resesi yang Mungkin Akan Datang

manajemen waktu

Mungkin untuk beberapa dari Anda yang membaca berita atau bahkan mendengar dari beberapa sumber bahwa Bank Dunia telah mengumumkan adanya risiko resesi global pada 2023.

Apa Itu Resesi Ekonomi?

resesi
Resesi merupakan secara sederhana dapat diartikan sebagai kondisi dimana perekonomian suatu negara berada dalam situasi memburuk dan bisa terlihat dari Produk Domestik Bruto yang negatif, pengangguran meningkat, ataupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif.

Penyebab Resesi 2023

Bank Dunia telah mencatat, resesi 2023 dipicu keadaan saat bank-bank sentral di seluruh dunia secara bersamaan menaikan suku bunga sebagai respon terhadap inflasi.

Inflasi sendiri adalah proses meningkatnya harga secara umum dan dilakukan secara terus-menerus. Ada beberapa pemicu inflasi, sebagai contoh seperti pandemic COVID-19 dan yang baru saja terjadi yaitu konflik Rusia-Ukraina.

Hal ini berdampak pada sulitnya rantai pasokan komoditas yang mana ini diperlukan diberbagai negara.

Di samping naiknya suku bunga tersebut, krisis keuangan di pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang disebut bisa memicu resesi 2023 bertahan lama.

Baca juga: Strategi Fleksibilitas Harga dan Apa Fungsinya?

Mengelola Bisnis di Masa Resesi

Setelah menghadapi penyebaran virus Covid-19, saat ini sudah diisukan terjadi resesi dengan skala global.

Karena itu, Anda perlu memperhatikan artikel berikut ini agar Anda bisa bertahan di masa resesi yang mungkin akan datang tersebut. Yuk simak sampai selesai!

  1. Fokus pada Produk
    Dalam berbisnis, ada baiknya Anda fokus pada satu produk unggulan secara spesifik, sehingga Anda bisa meningkatkan kualitas dari produk tersebut.

    Hal ini juga sama jika Anda berbisnis dibidang jasa, Anda perlu fokus pada satu layanan yang menurut Anda menjadi layanan terbaik untuk customer Anda.

    Memiliki banyak jenis produk memang bisa mendatangkan keuntungan, tapi tidak ada salahnya untuk fokus pada satu produk terlebih dahulu lalu mengembangkan produk lainnya.
  1. Tingkatkan Layanan Terbaik
    Layanan baik saja tidak cukup, Anda perlu memberikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggan Anda. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pelanggan setia sebanyak mungkin untuk bisnis Anda.

    Mempertahankan pelanggan yang setia merupakan salah satu strategi yang efektif dibandingkan mencari pelanggan baru. Dengan begitu, besar kemungkinan penjualan Anda akan meningkat.
  1. Promosikan Produk dengan Banyak Saluran
    Melakukan promosi produk atau layanan menjadi upaya yang perlu Anda lakukan. Di era digital saat ini, Anda perlu mempelajari promosi dengan banyak saluran.

    Anda tidak bisa hanya bergantung pada pemasaran konvensional.

    Anda perlu menambahkan strategi pemasaran lainnya untuk memperoleh pelanggan. Salah satu strategi yang perlu Anda masukan adalah menggunakan promosi jalur online, seperti iklan di media sosial, website, ataupun platform video lainnya.

Baca juga: r

Kesimpulan

Sedia payung sebelum hujan merupakan kata-kata yang tepat jika berbicara mengenai isu resesi yang mungkin terjadi di tahun 2023. Jadi ada baiknya Anda untuk mengikuti tips mengelola bisnis Anda agar bisa bertahan melewati hujan yang mungkin akan datang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Info mengenai pemasaran modern, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.