Cara Mengamankan WordPress dari Sentuhan Virus

wordpress

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang paling terkenal didunia. Saat ini 4,5% website diseluruh dunia berjalan menggunakan wordpress dan hingga sekarang wordpress telah di unduh sebanyak 76.5 juta kali. Sayangnya, popularitas wordpress juga tidak lepas dari masalah seperti virus.

5 Langkah Mengamankan WordPress dari Virus

wordpress
Menurut sebuah laporan hack yang dirilis oleh securi, sebuah perusahaan spesialis dalam bidang web security. WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak dibobol didunia. Namun, sebenarnya sangat mudah untuk mengamankan wordpress jika Anda mengikuti panduan dan menggunakan beberapa trik yang tersedia dalam tutorial berikut ini.

• Langkah 1 – Pastikan WordPress Anda Selalu Update ke Versi Terbaru

Ini adalah tips pertama dan paling utama. Jika Anda ingin memiliki website yang bersih dan bebas malware, Anda wajib menjaga agar wordpress Anda selalu update ke versi terbaru. Walaupun terdengar seperti nasehat sederhana, namun tahukan Anda ternyata hanya 22% website yang terinstall wordpress menggunakan versi terbaru.

• Langkah 2 – Jangan Gunakan Tema WordPress Bajakan

Ingat “hanya keju gratis yang ada di perangkap tikus”. Hal tersebut juga dapat berlaku di tema/plugin wordpress bajakan.
Ada banyak tema dan plugin bajakan di internet. Pengguna daat mengunduhnya dari berbagai sumber seperti Warez/torrent secara gratis. Apa yang tidak mereka ketahui adalah kebanyakan tema dan plugin sudah diinfeksi malware atau link SEO black hat.

Baca juga: WordPress Vs Coding

• Langkah 3 – Lacak Malware di WordPress Anda

Hacker biasanya menggunakan banyak celah di tema dan plugin untuk menginfeksi wordpress dengan malware. Oleh karena itu, sangat penting untuk sering melakukan pemindaian terhadap bog Anda. Ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan sebagai pengaman. Contohnya: wordfence, plugin ini menawarkan opsi scan otomatis dan manual serta beberapa setting lain yang berbeda.

• Langkah 4 – Pindahkan Website ke Web Hosting yang Lebih Terpercaya

Mungkin ini terdengar aneh, namun statistik menunjukkan bahwa lebih dari 40% website wordpress diretas hanya karena celah keamanan di akun hosting. Angka statistik ini setidaknya juga akan membuat Anda mempertimbangkan kembali pilihan web hosting Anda dan segera memindahkan wordpress Anda ke akun hosting yang lebih terpercaya dan aman.

• Langkah 5 – Gunakan Autentikasi 2 Faktor

Seperti namanya, two factor authentication atau autentikasi 2 faktor adalah sebuah metode keamanan login dengan dua langkah, wordpress sudah mendukung fitur keamanan berlapis ini lhoo.
Nantinya, Anda akan login seperti biasa dengan username dan password wordpress. Lalu, langkah kedua adalah Anda harus memasukkan kode yang dikirim melalui SMS, email ataupun aplikasi 2FA.

Penutupan

Keamanan website wordrpress Anda harus ditambahkan. Karena hal ini dapat mempengaruhi reputasi hingga jumlah pengunjung website milik Anda. Untungnya ada banyak cara untuk mengamankan wordpress yang bisa Anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan jasa isi konten untuk website atau media sosial bisnis Anda, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.