Apakah Bisa Melakukan Kegiatan Marketing Tanpa Budget?

marketing tanpa budget

Menjalankan kegiatan marketing tanpa budget, apakah bisa? Jawabannya, ya anda bisa menjalankan kegiatan marketing tanpa biaya. Mungkin beberapa di antara anda memiliki dana marketing yang terbatas, sehingga aktivitas yang dijalankan menjadi tidak maksimal.

5 Kegiatan Marketing Tanpa Budget

marketing tanpa budget
Padahal, menjalankan kegiatan marketing ini memiliki banyak sekali manfaat bagi brand, mulai dari brand awareness, mendorong penjualan, sampai meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada brand. Berikut ini adalah beberapa kegiatan marketing yang bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan budget!

1. Kegiatan Content Marketing

Content marketing selalu menjadi cara yang ampuh untuk memasarkan brand. Banyak tujuan pemasaran mulai dari meningkatkan brand awareness sampai mendorong konversi penjualan bisa diraih melalui kegiatan ini. Hal yang dapat anda lakukan salah satunya adalah dengan memulai dengan sebuah blog.

Artikel atau blog dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun traffic organic kedalam situs. Selain artikel, blog juga mendukung anda untuk bisa menyajikan berbagai macam bentuk konten seperti studi kasus, informasi seputar event, dan lain sebagainya. Ditambah, melalui blog brand juga dapat menjawab pertanyaan masyarakat.

Dan berbagai hal tersebut tentunya akan berguna untuk bisa menarik perhatian audiens. Selain blog, agar bisa menarik perhatian melalui content marketing, anda juga bisa membuat video. Banyak tipe video seperti tutorial atau review product yang bisa dibuat hanya dengan mengandalkan smartphone yang anda miliki, lalu tayangkan video melalui youtube.

Baca juga: Menjalankan Email Blast Sebagai Strategi Marketing Efektif

2. Marketing Tanpa Budget Dengan Strategi SEO

Taktik yang efektif untuk mendorong traffic adalah SEO. Hal yang penting untuk diperhatikan dalam mengelola SEO adalah melakukan riset pada kata kunci, memaksimalkan blog, membantuk link-building, dan mengoptimalkan konten.

Keunggulan dari strategi ini, anda bisa membangun otoritas brand dan meningkatkan brand awareness, dan tentu saja membantu brand lebih mudah ditemukan pada mesin pencarian.

3. Membuat Podcast

Cara efektif lain dari segi biaya untuk mencapai audiens adalah podcast. Dengan membuat konten dengan bentuk suara ini membuat strategi content marketing menjadi lebih beragam dan meningkatkan peluang untuk bisa menarik perhatian audiens.

Jika bingung ingin menyiarkan konten podcast seperti apa, anda dapat memulainya dengan cara melakukan repurpose dari artikel yang telah anda buat menjadi topik konten pada podcast yang anda produksi.

4. Menawarkan Free Trial

Cara lain yang bisa di coba adalah dengan menawarkan free trial. Penawaran ini dapat membantu brand untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan dan da[at meningkatkan reputasi. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan brand ketika menawarkan free trial, seperti; jika masyarakat mencoba dan menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, mereka akan mempunyai keinginan untuk menggunakan produk atau jasa itu kembali. Tetapi jika mereka tidak ingin melanjutkan penggunaannya, maka brand bisa mendapatkan feedback dari masyarakat, sehingga dapat melakukan evaluasi untuk perkembangan lebih lanjut.

5. Promosi Silang

Anda dapat bekerja sama dengan brand lain untuk saling bertukar promosi. Mereka akan mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan, sebaliknya anda kan mempromosikan produk atau jasa milik mereka.
Hal ini akan memberikan keuntungan bagi brand yakni, anda bisa menarik perhatian audiens milik brand yang anda ajak kerjasama tersebut dan mendepatkan leads baru. Selain itu, promosi silang ini dapat membantu untuk meningkatkan reputasi dari brand.

Baca juga: Harus Tahu! Mengenai Defensive Marketing untuk Bisnis Anda

Penutupan

Itulah tadi beberapa kegiatan marketing yang bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan budget, atau minimal dengan dana yang terbatas namun efektif untuk mencapai objektif yang telah ditentukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan jasa isi konten untuk website atau media sosial bisnis Anda, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.