4 Alasan Kenapa Bisnis F&B Butuh Digital Marketing

bisnis franchise

digital marketing
Bisnis F&B atau food and beverage adalah salah satu jenis bisnis yang saat ini sering kita lihat, yang berarti pelaku usahanya juga banyak. Agar bisa bertahan di tengah laut yang banyak pemancingnya, Anda perlu untuk mencari niche market Anda.

Apa Itu Niche Market?

Niche market atau ceruk pasar menurut The Balance SMB, adalah bagian dari sebuah industry dengan target pasar dan konsumen yang lebih spesifik. Target pasar yang spesifik tersebut, Anda sebagai bisnis owner atau pemasar bisa melakukan penjualan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Ketika sudah tahu siapa target market Anda, tentunya Anda perlu memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat bukan? Saat ini memasarkan bisnis Anda tidak semahal ketika Anda melakukan pemasaran konvensional. Saat ini digital marketing merupakan salah satu strategi yang bisa membantu meningkatkan jumlah pengunjung Anda.

Baca juga: Panduan Memulai Bisnis Makanan dengan Modal Kecil

4 Alasan Bisnis F&B Butuh Digital Marketing

Bagi UKM, memasarkan produk makanan mereka merupakan hal penting agar bisnis F&B mereka bisa semakin dikenal dan bertahan di tengah persaingan yang ketat saat ini. Berikut 4 alasan kenapa bisnis F&B sangat membutuhkan digital marketing sebagai sarana menambah pelanggan baru.

  1. Banyak Kompetitor yang Sudah Menggunakan Digital Marketing
    Saat ini mungkin Anda juga sudah merasakan jika semua orang akan menggunakan smartphone untuk membantu mereka dalam mencari informasi. Begitu juga dengan persaingan bisnis F&B yang terjadi, jika bisnis Anda tidak berada di internet atau bahkan tidak ada di media sosial, konsumen tidak akan tahu bahwa bisnis Anda ada.

    Hal ini yang perlu Anda perhatikan, dengan Anda membuat tim digital marketing Anda sendiri, Anda bisa meningkatkan pengunjung pada bisnis Anda. Tentu kompetitor Anda juga mungkin telah menggunakan digital marketing sebagai salah satu upaya untuk menarik pengunjung mereka.
  1. Membantu Mengenal Target Pelanggan
    Selain memperkenalkan kepada masyarakat, digital marketing membantu Anda untuk mengenal target pelanggan Anda, dengan begitu Anda bisa tahu apa yang disukai maupun hal yang tidak disukai oleh target pelanggan Anda.

    Bukannya orang yang datang ke tempat makan hanya untuk makan ya? Mungkin ada beberapa dari Anda yang berpikiran seperti itu, tapi nyatanya yang terjadi di lokasi banyak pelanggan mau datang Kembali ke tempat yang sama karena tidak hanya rasa saja, tapi service dan suasana yang diberikan oleh tempat itu.
  1. Dapat Menghemat Anggaran
    Dengan menggunakan digital marketing, Anda sudah menghemat banyak anggaran dibandingkan ketika Anda beriklan melalui media konvensional. Anda sudah tidak perlu memusingkan biaya iklan cetak, atau bahkan biaya baliho yang besar. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan anggaran ke strategi bisnis yang lain untuk bisa memperbesar bisnis F&B Anda.
  2. Membangun Trust Pelanggan
    Saat ini, hampir semua orang akan mencari informasi mengenai produk atau layanan yang diberikan oleh bisnis tersebut secara online. Mereka akan mengecek informasi yang tersedia secara online, seperti website, Instagram, facebook, Twitter, atau media sosial lainnya yang bisa membuktikan bahka bisnis tersebut layak untuk dikunjungi. Begitu juga dengan bisnis Anda, Anda perlu untuk membangun kepercayaan agar mereka mau untuk mengunjungi bisnis Anda.

Baca juga: Tips Melakukan Segmentasi Pemasaran Modern

Akhir Kata

Itulah beberapa alasan untuk Anda membutuhkan digital marketing sebagai media penghubung antara bisnis Anda dengan pelanggan Anda. Keputusan ada pada Anda, apakah ingin tetap menggunakan pemasaran konvensional atau beralih ke cara baru. Jika Anda tertarik untuk memasarkan bisnis F&B Anda, kami siap membantu Anda. Silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0857-7774-3201. Kami siap membantu Anda.